Kompas.com - 25/11/2021, 11:31 WIB
Minyak zaitun extra-virgin adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat tinggi dan menjadi bagian dari diet Mediterania, diet yang dianggap sebagai salah satu pola diet paling sehat. SHUTTERSTOCKMinyak zaitun extra-virgin adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat tinggi dan menjadi bagian dari diet Mediterania, diet yang dianggap sebagai salah satu pola diet paling sehat.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Ada banyak metode diet dan menentukan mana yang terbaik bukanlah perkara yang mudah.

Kuncinya adalah menemukan cara diet yang paling disukai dan dapat membuat bertahan dalam jangka panjang.

Selain itu, berkonsultasi dengan ahli gizi pun penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kebutuhan gizi sebelum diet.

Diet terbaik menurut sains

Ada banyak penelitian mengenai cara-cara diet. Beberapa di antaranya dinilai efektif dan mendapatkan “lampu hijau” dari para peneliti. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 diet terbaik menurut sains:

Baca juga: Berapa Kali Makan dalam Sehari saat Diet?

1. Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat sangat cocok untuk orang-orang yang perlu menurunkan berat badan, mengoptimalkan kesehatan, dan menurunkan risiko penyakit.

Diet dengan cara ini lebih fleksibel dan memungkinkan untuk menyempurnakan asupan karbohidrat sesuai dengan tujuan masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping mengurangi karbohidrat, diet ini juga tinggi sayuran, daging, ikan, telur, buah, kacang-kacangan, gula, dan lemak rendah pati.

2. Diet mediterania

Diet mediterania adalah salah satu diet terbaik menurut sains setelah diteliti secara mendalam.

Diet ini disebut sangat efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Asupan yang ditekankan dalam diet mediterania adalah sayuran, buah, ikan, unggas, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, dan minyak zaitun extra virgin.

Baca juga: Diet untuk Lansia, Apa Saja yang Harus Dimakan Lansia?

3. Diet paleo

Tak hanya baik secara ilmiah, diet paleo juga termasuk metode diet yang populer untuk menurunkan berat badan dan memperbaiki kesehatan secara umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.