Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Wilayah Hujan Deras Berisiko Kilat dan Angin Kencang Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 12/11/2021, 17:16 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas di luar rumah akhir pekan ini, maka perlu mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan deras yang berisiko disertai kilat dan angin kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia ini berlaku mulai hari ini, 12-14 November 2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyebutkan cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai adalah hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Adapun, peringatan dini cuaca ekstrem ini dikeluarkan berdasarkan hasil analisis pantauan kondisi atmosfer di Indonesia.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten dan di Semenanjung Malaysia bagian timur yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia selatan.

Sumatera Barat hingga Banten, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan dari perairan selatan Vietnam hingga Thailand bagian selatan. 

Baca juga: Waspada Hujan Deras 3 Hari ke Depan, Ini Daftar WIlayahnya

 

Selanjutnya, wilayah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan selatan Jawa Tengah hingga Selat Makassar, dari perairan selatan NTB hingga Laut Flores, dari Kalimantan Barat hingga Sulawesi Tenggara, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Tengah.

Selain itu dari Laut Maluku bagian utara hingga Sulawesi Tengah bagian timur, dari Halmahera hingga Laut Banda, dari perairan utara Papua hingga perairan Kepulauan Aru, dan dari Papua bagian utara hingga Papua bagian selatan. 

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata Guswanto dalam pembaruan peringatan dini cuaca BMKG, Jumat (12/11/2021).

Oleh karena itu, berikut daftar wilayah yang harus mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang tiga hari ke depan, 12-14 November 2021.

Cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan deras ini bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang, banjir, rob, tanah longsor, angin kencang, dan lain sebagainya yang bisa membahayakan keselamatan masyarakat di daerah rawan bencana.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Hujan Deras, Kenapa Langit Sangat Gelap?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com