Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Musim Kemarau Berlanjut Oktober, Ini Daftar Wilayah Berpeluang Hujan Deras

Kompas.com - 20/07/2020, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Periode musim kemarau di Indonesia masih berlangsung hingga saat ini. Namun sejumlah wilayah Indonesia masih merasakan turun hujan deras, bahkan sampai menimbulkan bencana banjir.

Hal tersebut dibenarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berdasarkan analisis kondisi cuaca dan iklim.

Untuk diketahui, dari 342 daerah Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 64 persen ZOM telah memasuki musim kemarau hingga pertengahan Juli.

Baca juga: BMKG: Masih Musim Kemarau, Tapi Ini Daftar Wilayah yang Justru Waspada Banjir

Bahkan, 30 persen ZOM telah mengalami kondisi kering karena tidak mendapati hujan berturut-turut dalam kurun waktu 21 hingga di atas 61 hari.

Akan tetapi, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Drs Herizal MSi mengungkapkan bahwa musim kemarau masih akan terus berlanjut hingga Oktober mendatang.

Bersamaan dengan itu, sejumlah wilayah di Indonesia justru untuk daerah yang tidak atau belum mengalami kemarau perlu mewaspadai adanya potensi curah hujan dengan kriteria tinggi hingga sangat tinggi dalam empat bulan ke depan.

Potensi itu, kata dia, didasarkan pada kondisi suhu muka air laut perairan Indonesia yang masih cukup hangat. Sehingga, dapat menyuplai cukup air ke atmosfer akibat proses penguapan.

Baca juga: Sudah Musim Kemarau, Kenapa Masih Banyak Hujan Lebat sampai Banjir?

Tidak hanya itu, terdapat berbagai faktor lain yang juga berpotensi menimbulkan peningkatan aktivitas pembentukan awan konvektif di Indonesia sebelah utara ekuator, terutama di Indonesia bagian timur dan tengah.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah aktivitas gelombang ekuator tropis yaitu gelombang Kelvin dan Rossby, serta aliran massa udara Samudera Pasifik yang masuk ke Indonesia.

Oleh sebab itu, berikut daftar wilayah waspada curah hujan tinggi hingga sangat tinggi empat bulan ke depan.

Ilustrasi hujanKulkann Ilustrasi hujan

Juli 2020

- Sebagian Aceh

- Papua Barat

- Sumatera Barat

- Kalimantan Barat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com