Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Isolasi Mandiri untuk Penderita Diabetes yang Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 12/10/2021, 10:01 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua orang berisiko terinfeksi Covid-19, termasuk orang yang memiliki penyakit bawaan diabetes.

Penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, ada panduan isolasi mandiri khusus bagi mereka.

Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, & Diabetes dalam webinar bertajuk Waspadai Pengaruh Diabetes Terhadap Covid-19 oleh Rumah Sakit Pondok Indah, Pondok Indah, Kamis (7/10/2021) menjelaskan, ada empat panduan isolasi mandiri untuk penderita diabetes.

Sementara itu, penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 dan mengembangkan gejala sedang hingga berat harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Diabetes Memperburuk Kondisi Pasien Covid-19, Apa Penyebabnya?

Panduan isolasi mandiri untuk penderita diabetes

Adapun panduan isolasi mandiri untuk penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 dan gejalanya ringan adalah sebagai berikut:

1. Minum yang banyak

Wismandari mengingatkan agar penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 untuk minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi

2. Bila kadar gula darah kurang dari 70 mg, lakukan 15 15

Apabila kadar gula dalam darah kurang dari 70 mg/dl atau berada di bawah target kisaran gula darah normal, ikuti metode 15 15 (fifteen fifteen) dengan mengonsumsi 15 gram karbo sederhana, seperti madu atau jus buah, kemudian dicek dalam waktu 15 menit sampai gula darahnya naik.

Wismandari mengingatkan, jika gula darah ada di angka 200 mg/dl, metode 15 15 dalam arti mengonsumi karbo sederhana agar gula darah naik tidak boleh diterapkan.

3. Bila ada tanda komplikasi akut

Apabila terdapat tanda-tanda komplikasi akut, seperti gula darah melebihi angka 250 mg/dl, merasa sesak, mual, muntah, dan demam, harus segera mendapatkan pengobatan intensif di rumah sakit,

4. Pastikan kebersihan

Rajin cuci tangan dan selalu membersihkan alat pemantau kesehatan, seperti termometer dan pastikan semua benda dalam keadaan bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com