Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2021, 18:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Diabetes adalah penyakit kronis dimana tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau menjadi tidak sensitif terhadap insulin yang diproduksi tubuh. Kondisi tersebut akan membuat kadar gula dalam darah terlalu tinggi.

Kadar gula darah terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Contohnya adalah pandangan kabur, jika luka sulit sembuh dan rentan infeksi, meningkatkan produksi urine dan menyebabkan seseorang merasa sering haus.

Obat herbal diabetes yang ampuh

Dilansir dari The Canadian Encyclopedia of Natural Medicine, berikut adalah obat herbal diabetes yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

1. Kayu manis

Kayu manis mengandung komponen yang mampu bekerja sama dengan insulin untuk menurunkan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh bubuk kayu manis bisa menurunkan gula darah.

Cara mengonsumsi kayu manis sangat mudah. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan sarapan Anda atau ke dalam jus atau susu.

2. Bawang bombai dan bawang putih

Bawang bombai dan bawang putih mengandung kromium. Kromium adalah salah satu komponen yang penting dalam proses regulasi gula darah.

Dengan rutin mengonsumsi keduanya, ini bisa menjadi obat herbal diabetes paling ampuh. Oleh karena itu, bawang bombai dan bawang putih bisa menjaga kadar gula darah Anda agak tetap stabil.

Baca juga: 6 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah


3. Gandum

 

Untuk sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat yang kaya serat dan indeks glikemik rendah, seperti gandum. Selain itu, Anda juga bisa memilih beras merah sebagai sumber karbohidrat.

4. Buah-buahan

Kebanyakan buah-buahan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yaitu di bawah 55. Walaupun mengandung gula, buah mengandung banyak air dan serat untuk mengimbangi gula tersebut.

Jus buah sebenarnya kurang direkomendasikan karena dalam bentuk jus, kandungan serat dalam buah akan berkurang. Ini akan meningkatkan indeks glikemik.

Buah-buahan yang paling direkomendasikan untuk pasien diabetes antara lain bluberi, anggur, dan apel.

5. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kacang juga mengandung protein dan asam lemak tidak jenuh. Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi kacang secara rutin bisa bermanfaat untuk pasien diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com