Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halo Prof! Bagaimana Cara Mencerahkan Ketiak Hitam Secara Alami?

Kompas.com - 29/08/2021, 09:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Warna ketiak yang tidak sama dengan sekitarnya bisa menjadi sumber kekhawatiran. Hal inilah yang dialami oleh pembaca Kompas.com Regitaaaaask yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Malam Dok, saya mau konsultasi masalah ketiak. Ketiak saya lebih hitam dari area sekitarnya. Bagaimana cara memutihkan yang alami?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. R. Aj. Putri Ambarani P., Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

 

Halo Ibu Regita, terima kasih atas pertanyaannya.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Dianggap Tak Berguna, Apa Fungsi Rambut Ketiak?

Ada beberapa hal yang menyebabkan warna kulit ketiak menjadi hitam atau lebih gelap dari kulit sekitarnya, sehingga kondisi tersebut harus ditangani terlebih dahulu. Hal tersebut antara lain:

1. Penumpukan sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati dapat dilakukan secara rutin dengan lulur atau scrubbing 1-2 kali setiap minggu. Setelah itu, oleskan krim pelembap untuk mencegah iritasi.

2. Paparan bahan kimia dari deodoran atau anti-perspirant. Hendaknya pilih produk yang hipoalergenik yaitu tidak mengandung alkohol, tidak mengandung parfum, dan tidak/sedikit mengandung zat pengawet

3. Gesekan terus menerus antara kulit ketiak dan pakaian. Pilihlah penggunaan pakaian berbahan lembut seperti katun dan hindari jenis pakaian yang ketat.

4. Kesalahan mencukur bulu ketiak. Ibu dapat menghilangkan bulu ketiak dengan cara yang lain seperti waxing atau laser di klinik yang terpercaya. Apabila melalukan dengan cukur/shaving, lalukan dengan benar, yaitu oleskan krim sebelum dan setelah shaving untuk mengurangi iritasi kulit ketiak.

5. Obesitas. Berat badan yang berlebihan turut memengaruhi mudahnya terjadi gesekan. Apabila sering terjadi gesekan pada kulit secara terus menerus, maka akan terjadi pigmentasi, termasuk pada kulit ketiak sehingga kulit ketiak pun menjadi hitam. Solusinya turunkan berat badan ke berat yang ideal.

6. Mengonsumsi obat tertentu seperti kortikosteroid, pil KB, hormon, dan insulin

7. Penyakit kulit seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, akantosis nigrikan, dan lain-lain. Untuk mengatasi penyebab ini, Ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin secara langsung.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Ketiak Keluarkan Bau Tak Sedap?

Setelah faktor penyebab dapat diatasi, Ibu dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut sebagai pencerah kulit ketiak:

1. Bengkoang

Parut bengkoang dan peras untuk mendapatkan airnya. Oleskan air bengkoang secara merata di tempat yang ingin dicerahkan. Diamkan 10 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan setiap hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com