Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halo Prof! Benjolan di Ketiak Saat Haid, Apakah Pertanda Kanker?

Kompas.com - 20/10/2020, 12:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Benjolan yang hilang timbul, terutama di lokasi yang sama dan terkadang terasa nyeri, patut dipertanyakan penyebabnya. Hal inilah yang dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Jesi yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Mau tanya Prof, ketiak saya kalau pas lagi sebelum-saat-sesudah haid suka sakit, kadang ada benjolan, tapi nanti hilang timbul begitu.

Seperti kemarin pas haid sudah mulas, terasa tidak enak ketiak, tapi tidak ada benjolan dan tidak sakit. Hanya tidak nyaman saja. Kalau sekarang sudah tidak haid baru terasa lumayan sakit, sama seperti mau ada benjolan lagi. Apa ini pertanda kanker?"

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Rachmawati, Sp.B (K) Onk, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi di RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Baca juga: Waspadai, Benjolan di Ketiak Saat Haid Bisa Jadi Kanker Payudara

Halo Ibu Jesi,

Adanya rasa sakit dan terkadang benjolan di area ketiak sebelum, saat, dan sesudah haid adalah keadaan hormonal, karena kelenjar payudara juga ada di ketiak. Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai posisi benjolan dan melakukan beberapa pemeriksaan lainnya untuk mengetahui penyebab benjolan di ketiak.

Namun, berikut sedikit penjelasan mengenai masalah benjolan di ketiak.

Pembesaran kelenjar di area ketiak tanpa sebab yang jelas menjadi suatu dilema. Benjolan di ketiak sering terjadi, kebanyakan adalah normal dan tidak mengganggu. Namun, ada beberapa yang harus dievaluasi dengan seksama.

Beberapa penyebab benjolan di ketiak bisa dibagi menjadi dua:

Pertama, benjolan non-kanker seperti pertumbuhan jaringan tambahan payudara yang sering dikenal dengan mamma aberans, kista atau kantong terisi cairan, reaksi alergi terhadap deodoran, antiperspirant, atau sabun, infeksi virus atau bakteri dari organ yang bermuara ke ketiak (dari lengan, dinding dada, dan payudara), penyakit cat-scratch, implan silikon, dan bruselosis.

Baca juga: Ini Alasan Periksa Payudara Sendiri Penting untuk Cegah Kanker

 

Kedua, penyebab benjolan di ketiak dari kanker yang dapat berupa limfoma, kanker payudara, dan melanoma.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum benjolan di ketiak:

1. Infeksi HIV

Biasanya tidak nyeri, lokasi benjolan di ketiak, leher, dan bagian belakang kepala berkembang pada minggu kedua dari gejala akut HIV.

2. Infeksi mycobacteria

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com