Kompas.com - 28/08/2021, 21:13 WIB
Batu bara pixabayBatu bara

KOMPAS.comBatu bara merupakan sumber daya yang sangat berharga. Hampir 40 persen bahan bakar pembangkit listrik di seluruh dunia menggunakan batu bara.

Dilansir dari Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konnvensional Universitas Gadjah Mada, batu bara adalah akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang mati dan tidak mengalami pembusukan dengan sempurna.

Komponen ini tersimpan dengan baik dalam kondisi anaerob di dalam tanah atau di bawah endapan. Seiring berjalannya waktu dan pergeseran tektonik, komponen ini terakumulasi semakin banyak dan semakin dalam.

Dalam proses ini, persentase hidrogen dan oksigen akan berkurang. Sedangkan persentasi karbon lebih dari 50 persen berdasarkan beratnya.

Batu bara merupakan batuan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Berikut manfaat batu bara.

Bahan bakar fosil paling murah

Batu bara sebagai bahan bakar industri sangat murah. Bahan ini sangat mudah untuk didistribusikan dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya. Bahan ini hanya perlu disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

Baca juga: Greenpeace Soroti Rencana PLN Membangun Pembangkit Listrik Batu Bara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan bakar utama di Bumi

Batu bara merupakan sumber energi bagi 30 persen seluruh energi dunia juga merupakan 40 persen sumber energi pembangkit listrik.

Ketersediaan batu bara dipercaya cukup untuk 300 tahun ke depan. Jumlah ini tiga kali lebih banyak dibandingkan ketersediaan minyak bumi yang jumlahnya terus menurun saat ini.
Lapangan pekerjaan bagi banyak orang

Dilansir dari Energy Follower, terdapat 52 tambang batu bara aktif di Amerika Serikat dan 1.100 pabrik pengolahan batu bara. Semua pabrik ini menyerap tenaga kerja hingga 130.000 orang.

Menghasilkan mineral lain

Selain batu bara sebagai bahan bakar, sisa prosesnya ternyata bisa digunakan untuk memproduksi fenol dan naftalen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.