Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gejala Gonore, Kompllikasi, dan Pengobatannya

Kompas.com - 08/08/2021, 20:05 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGonore adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menginfeksi baik wanita maupun pria. Penyakit ini menyebabkan infeksi pada organ genital, rektal, dan tenggorokan. Ini merupakan penyakit yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Bagaimana penularan penyakit gonore?

Penyakit ini menular jika seseorang melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi gonore. Bahkan ibu hamil pun bisa menularkan gonore terhadap anaknya ketika proses melahirkan. Pada bayi yang tertular ketika melahirkan, akan menunjukkan gejala pada matanya.

Untuk mencegah penyakit menular ini, hindari berganti-ganti pasangan. Selain itu, gunakan kondom saat berhubungan seksual.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin HIV Buatan Oxford Memasuki Uji Coba Klinis Tahap 1

Gejala gonore

Gejala gonore pada pria dan wanita akan sedikit berbeda. Pada pria, gejala yang dirasakan adalah rasa terbakar ketika buang air kecil, keluar cairan kekuningan atau kehijauan dari penis, dan terkadang disertai testikel yang sakit dan bengkak.

Namun, ada sebagian pria yang tidak merasakan gejala apapun. Berbeda wanita, justru sebagian besar wanita tidak bergejala atau bergejala ringan. Jika bergejala, penyakit ini sering salah diagnosis menjadi infeksi saluran kemih atau infeksi vagina.

Pada wanita yang mengalami gejala akan merasakan sakit atau rasa terbakar ketika buang air kecil, terdapat peningkatan produksi cairan vagina, dan perdarahan di luar jadwal menstruasi.

Jika infeksi terjadi pada rektal, gejala yang mungkin muncul adalah mengeluarkan cairan berbau, gatal, sakit, rektal berdarah, serta buang air besar sakit.

Baca juga: Kenali Gejala Infeksi Menular Seksual, dari Gatal hingga Muncul Tumor

Pengobatan gonore

Gonore bisa diobati hingga sembuh. Pasien harus menghabiskan obat yang telah diberikan untuk memastikan penyakit telah benar-benar sembuh.

Jika gejala tidak berkurang setelah beberapa hari pengobatan, bisa jadi pasien mengalami resistensi antibiotik. Segera kembali ke dokter untuk berkonsultasi mengenai hal ini.

Komplikasi

Mengobati gonore sangat penting. Jika tidak diobati, bakteri bisa menyebar ke beberapa organ di sekitar area yang terinfeksi dan menimbulkan komplikasi lebih lanjut.

Baca juga: Darurat, Strain Gonore yang Kebal Antibiotik Mendunia

Komplikasi yang mungkin muncul dari gonore yang tidak dirawat adalah infertilitas pada wanita dan pria, kaku sendi, dan meningkatkan risiko terkena HIV/AIDS. Pada bayi, komplikasinya bisa berupa kebutaan dan infeksi kulit kepala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com