Kompas.com - 08/08/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi telur rebus, salah satu sarapan sehat yang praktis freepikIlustrasi telur rebus, salah satu sarapan sehat yang praktis

KOMPAS.comSarapan adalah waktu makan yang penting untuk memulai hari. Namun, banyak orang sering melewatkannya karena sedang diet atau tidak ada waktu.

Padahal, melewatkan sarapan di pagi hari akan membuat seseorang cenderung memakan lebih banyak makanan di siang dan malam hari, yang justru tidak menguntungkan bagi orang yang sedang melakukan diet.

Selain itu, tersedia banyak menu sarapan sehat yang praktis dan tidak memerlukan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Dilansir dari Healthline, berikut sarapan sehat yang bisa Anda konsumsi dengan cepat, namun memiliki nutrisi yang baik.

Baca juga: 7 Menu Sarapan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Telur

Telur adalah salah satu sarapan yang cepat, mudah, dan bernutrisi tinggi. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memakan telur di pagi hari akan merasa kenyang lebih lama, mengurangi asupan kalori pada siang hari, dan memiliki gula darah yang stabil.

Selain itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini adalah antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit mata, seperti katarak dan penuaan mata.

Walaupun telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebaliknya, telur meningkatkan kadar kolesterol baik. Sehingga, makanan ini baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Greek yoghurt

Greek yoghurt adalah makanan yang bernutrisi tinggi dan mudah dikonsumsi di pagi hari. Yoghurt terbuat dengan menyaring whey dan komposisi lainnya dari susu dan menghasilkan yoghurt yang mengandung nutrisi serta protein yang lebih tinggi.

Protein adalah salah satu zat yang terbukti mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein mampu meningkatkan tingkat metabolisme lebih tinggi dibandingkan lemak dan karbohidrat.

Makanan satu ini mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang bisa meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan risiko terkena kanker payudara. Selain itu, greek yoghurt mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan saluran cerna.

Untuk menambah vitamin, mineral dan serat, Anda bisa menambahkan berbagai buah potong untuk dimakan bersama dengan greek yoghurt.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.