Kompas.com - 08/08/2021, 17:01 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, isolasi mandiri, pemeriksaan setelah isolasi mandiri, isoman. FREEPIK/PROSTOOLEHIlustrasi pasien Covid-19, isolasi mandiri, pemeriksaan setelah isolasi mandiri, isoman.

KOMPAS.com -Setelah program vaksinasi dimulai, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apa kita masih bisa mengembangkan gejala Long Covid jika terinfeksi virus corona usai vaksin.

Long Covid umumnya mengacu pada serangkaian gejala baru atau berkelanjutan yang dapat berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pertama kali terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Long Covid tidak hanya berdampak pada mereka yang menderita penyakit parah tetapi juga dapat memengaruhi orang-orang yang memiliki penyakit ringan dan hampir tidak bergejala.

Hingga saat ini, baru sedikit bukti penelitian yang membahas gejala Long Covid dan vaksin. Namun, ada beberapa penelitian dan survei menjanjikan terkait hal tersebut.

Baca juga: Riset: Gejala Long Covid pada Anak Jarang Terjadi

Dilansir dari AP News, Kamis (5/8/2021), para peneliti sedang mempelajari kemungkinan siapa saja yang mampu mengembangkan gejala Long Covid jika terinfeksi virus corona setelah vaksinasi.

Vaksin Covid-19 yang digunakan di seluruh dunia efektif untuk mencegah penyakit parah dan kematian akibat virus corona, tetapi beberapa orang memang masih dapat terinfeksi setelah divaksin.

Dengan kasus infeksi setelah divaksinasi, para ahli kesehatan mengatakan bahwa vaksin akan membantu mengurangi keparahan penyakit.

Para ahli juga mencoba mencari jawaban apakah kasus Covid-19 setelah divaksin dapat menyebabkan Long Covid.

Beberapa studi memperkirakan, sekitar 30 persen pasien Covid-19 yang tidak divaksinasi mengalami gejala Long Covid seperti sesak napas, kelelahan, sulit berkonsentrasi, insomnia, dan kabut otak.

Gejala serupa juga dapat berkembang setelah infeksi virus lainnya.

Sejumlah studi tentang Long Covid dan vaksin

Sebuah studi kecil dari Israel yang diterbitkan baru-baru ini menemukan gejala Long Covid pada beberapa petugas kesehatan yang terinfeksi setelah divaksin.

Mereka mengembangkan gejala ringan termasuk batuk, kelelahan, dan rasa lemah yang bertahan setidaknya selama enam minggu.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.