Kompas.com - 05/08/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 pada anak Shutterstock/Ann KosolapovaIlustrasi tes Covid-19 pada anak

KOMPAS.com - Long Covid atau gejala jangka panjang setelah sembuh dari Covid-19, jarang dialami oleh anak-anak.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan dari King's College London, sebagian besar anak-anak pulih dari Covid-19 selama seminggu dan tidak menunjukkan gejala Long Covid.

Mereka menambahkan, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami Long Covid.

Dilansir dari BBC News, Rabu (4/8/2021), pakar dari Royal College of Pediatrics and Child Health mengatakan bahwa penelitian terbaru ini mencerminkan apa yang dilihat dokter selama pandemi.

Baca juga: Anak Positif Covid-19 dan Menderita Anosmia, Begini Cara agar Anak Mau Makan

Dibandingkan dengan orang dewasa, risiko anak-anak risikonya tepapar virus corona jauh lebih kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika pun anak mengidap Covid-19, mereka tidak menunjukkan gejala atau mengalami gejala yang ringan seperti sakit kepala dan kelelahan. Kedua gejala ini yang paling umum dirasakan anak saat terinfeksi virus corona.

Studi peer-review yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Child and Adolescent Health ini mencoba memahami bagaimana Covid-19 memengaruhi anak-anak dan membandingkannya dengan penyakit pernapasan lain.

Dalam risetnya, tim menggunakan data yang diberikan oleh orangtua atau wali di aplikasi UK Zoe Covid Study.

Studi ini mengamati 1.734 anak-anak, berusia antara lima sampai 17 tahun, yang dilaporkan telah mengembangkan gejala dan dites positif Covid-19 antara September 2020 sampai Februari 2021.

Sekitar satu dari 20 (4 persen) ditemukan mengalami gejala selama empat minggu atau lebih, dan satu dari 50 (2 persen) anak mengalami gejala selama lebih dari delapan minggu.

Gejala yang paling umum dilaporkan adalah sakit kepala dan kelelahan. Lainnya termasuk sakit tenggorokan dan kehilangan penciuman.

Rata-rata, anak-anak yang lebih tua biasanya mengalami sakit sedikit lebih lama daripada anak-anak yang duduk di sekolah dasar.

Anak berusia 12-17 tahun membutuhkan waktu seminggu untuk pulih sementara untuk anak-anak yang lebih muda penyakitnya berlangsung selama lima hari.

Halaman:


Sumber BBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.