Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Masker N95, KF95 dan KF94, Mana yang Lebih Efektif Cegah Covid-19?

Kompas.com - Diperbarui 03/03/2022, 15:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Jenis masker medis yang beredar saat ini sangat beragam. Selain masker bedah, ada juga masker N95, KN95 dan KF94. Lalu, apa perbedaan dari ketiga masker ini dan mana masker yang efektif cegah Covid-19?

Awal pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia, bahkan di Indonesia, masker menjadi barang yang sangat langka, terutama masker medis atau masker bedah.

Masyarakat bahkan masih belum terbiasa memakai masker saat berada di luar ruangan, maupun saat harus bertemu dan berhadapan dengan orang lain.

Kini memakai masker tak sekadar kebiasaan, tetapi juga kewajiban untuk saling menjaga dan mencegah penularan serta penyebaran Covid-19.

Sekarang para pakar kesehatan telah menyarankan penggunakan masker dobel, karena tingginya angka penularan Covid-19, terutama sejak varian-varian baru virus corona semakin merajalela.

Salah satunya varian Delta yang disebut sangat menular dan menjadi varian yang paling mengkhawatirkan.

Baca juga: Cegah Covid-19, Apa Beda Masker Kain, Medis, FFP2, N95, dan KN95?

 

Hal ini pun semakin mendorong beragam jenis masker dengan berbagai kualitas. Sebut saja masker bedah, masker N95, KN95, hingga KF94, yang ketiganya memiliki perbedaan dari bentuk hingga efektivitas dalam menyaring partikel udara.

Masker-masker ini semakin mudah ditemukan, kendati sebagian besar harganya tidak murah.

Namun, berdasarkan berbagai studi efektivitas masker, masker-masker tersebut dinilai efektif beri perlindungan terhadap Covid-19.

Lantas, apa perbedaan masker N95, KN95 dan KF94 yang belakangan banyak dipakai masyarakat?

1. Masker N95

Masker N95, dilansir dari CNet, Senin (2/8/2021), telah populer sejak awal pandemi Covid-19. Masker ini dinilai sangat pas saat dikenakan, karena ikat kepala yang elastis dan penjepit hidung dari logam yang dapat disesuaikan.

Salah satu perbedaan menonjol dari masker N95, dibandingkan dengan masker KN95 dan KF94 yakni kemampuannya dalam menyaring partikel aerosol. 

Baca juga: Masker N95 Bisa Berbahaya jika Salah Simpan, Begini Cara Bersihkannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com