Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Interaksi Obat dan Berbahayakah Minum Banyak Obat?

Kompas.com - 12/07/2021, 18:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Pasien Covid-19 dengan sakit yang parah, biasanya akan diberikan beberapa jenis obat. Lantas, apakah dengan minum banyak obat, ada interaksi obat yang akan berbahaya bagi pasien?

Menyusul pernyataan dr Lois Owien saat menjadi pembicara di program Hotman Paris Show, dia mengatakan bahwa banyak pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit diakibatkan oleh interaksi antar obat yang dikonsumsinya.

"Interaksi antar obat. Kalau buka data di rumah sakit, itu pemberian obatnya lebih dari enam macam," kata dr Lois dalam acara tersebut.

Namun, hal ini dibantah oleh Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

"Tidak semua interaksi obat itu selalu merugikan, tetapi juga bisa menguntungkan," ungkap Prof Zullies.

Apa itu interaksi obat?

Baca juga: Dr Lois Sebut Interaksi Obat Sebabkan Pasien Covid-19 Meninggal, Ini Penjelasan Ahli

 

Interaksi obat adalah pengaruh suatu obat terhadap efek obat lain, ketika obat-obat ini digunakan bersama-sama pada seorang pasien, kata Prof Zullies. Namun, interaksi yang ditimbulkan dengan minum banyak obat tidak selalu berbahaya.

Perlu dicatat, tidak hanya pasien Covid-19 saja yang minum banyak jenis obat, untuk mengobati berbagai gejala yang dialaminya.

"Sebenarnya interaksi obat ini tidak semuanya berkonotasi berbahaya, karena sifat interaksi itu bisa bersifat sinergis atau antagonis, bisa meningkatkan, atau mengurangi efek obat lain," kata Prof Zullies.

Interaksi obat yang menguntungkan

Dr Lois mengatakan dalam acara yang dipandu pengacara Hotman Paris, bahwa akibat interaksi antar obat yang dikonsumsi, menyebabkan pasien Covid-19 meninggal dunia.

Hal ini mengindikasikan bahwa menurutnya, pasien Covid-19 yang minum banyak obat, menyebabkan adanya interaksi obat berlebih, sehingga berdampak mematikan atau berbahaya bagi tubuhnya.

Baca juga: Hati-hati, 7 Interaksi Obat dan Minuman Ini Berbahaya!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com