Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Oatmeal, Makanan Kaya Antioksidan yang Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 21/05/2021, 20:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Oat disebut sebagai biji-bijian paling sehat. Oat adalah biji-bijian yang bebas gluten dan merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Banyak yang masih bingung bedanya oat dan oatmeal. Singkatnya, oat adalah biji yang masih utuh. Dalam bentuk utuh ini, oat perlu waktu lama untuk dimasak.

Sedangkan oatmeal adalah biji oat yang sudah diolah dengan dipipihkan, dihancurkan, atau dipotong tipis agar lebih mudah diolah dan dimasak menjadi makanan yang tinggi gizi. Oat biasa dimasak menjadi bubur atau mencampurnya ke dalam kue muffins, kue kering, atau granola bars.

Oatmeal memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan sudah dibuktikan dengan banyak studi. Dilansir dari Health Line (19/7/2016), berikut adalah manfaat oatmeal bagi tubuh.

Baca juga: Makan Oat Mentah, Amankah untuk Kesehatan?

Kaya vitamin dan mineral

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, serta mengandung serat, protein, dan lemak yang lebih tinggi dari biji-bijian lain. Oatmeal juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Setengah cangkir oatmeal atau sekitar 78 gram oatmeal mengandung mangan 191% dari kebutuhan harian. Selain itu, oatmeal juga kaya akan fosfor, magnesium, zat besi, zinc, vitamin B1 dan B5. Dengan gizi sepadat ini, oatmeal hanya mengandung 303 kalori. Maka dari itu, oatmeal disebut sebagai makanan paling bergizi yang rendah kalori.

Kaya antioksidan

Oatmeal dikenal mengandung lebih dari 20 macam antioksidan dalam golongan polifenol. Namun, ada satu antioksidan tinggi yang hampir hanya ditemui di dalam oat, yaitu avenathramides.

Beberapa studi menyebutkan bawah avenathramides mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Mekanismenya adalah avenathramides akan meningkatkan produksi nitrogen monoksida. Gas ini akan memicu pembuluh darah membesar atau dilatasi dan membuat peredaran darah lebih lancar.

Menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung beta glukan tinggi. Beta glukan merupakan serat larut yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan.

Beta glukan terbukti mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga 7% dan menurunkan kolesterol total. Dengan turunnya kolesterol, maka akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Menurunkan gula darah

Kandungan tinggi beta glukan yang terkandung dalam oat memiliki efek lain yaitu menurunkan gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Efek ini mampu mengendalikan dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Menurunkan berat badan

Masih efek dari kandungan beta glukan dalam oatmeal, beta glukan mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beta glukan memperlambat proses penyerapan makanan sehingga Anda tidak terpicu untuk makan makanan berat atau memakan camilan.

Manfaat ini sangat membantu bagi Anda yang tengah menjalankan diet, sehingga oatmeal bisa menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Manfaat Beras Merah, Bisa Turunkan Kolesterol dan Berat Badan

Mencegah konstipasi

Oatmeal mengandung serat tinggi serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Ini akan membuat makanan di dalam saluran pencernaan akan terus bergerak dan terdorong oleh serat dari oatmeal.

Bagus untuk kulit

Oat yang telah diolah dan dijadikan bahan untuk perawatan kulit disebut dengan colloidal oatmeal. Banyak sekali perawatan kulit yang menggunakan bahan ini. Colloidal oatmeal telah terbukti secara ilmiah mampu mengatasi gatal dan iritasi pada kulit.

Colloidal oat dipercaya mampu memberikan nutrisi dan kelembaban pada kulit sehingga banyak digunakan dalam losion tubuh atau pelembab wajah untuk kulit yang kering.

Jadi, apa Anda akan sarapan oatmeal besok pagi?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com