Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancaran Radio Misterius di Luar Angkasa, Ilmuwan Melacak di Galaksi Spiral, Apa Itu?

Kompas.com - 21/05/2021, 19:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com- Pancaran radio misterius di luar angkasa tiba-tiba terlacak ilmuwan. Diduga ledakan radio itu berasal dari galaksi spiral.

Menggunakan bantuan Teleskop Luar Angkasa Hubble milik Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA), ilmuwan mencoba memecahkan teka-teki gelombang radio misterius tersebut.

Dilansir dari CNN, Jumat (21/5/2021), penyebab ledakan radio milidetik yang misterius di luar angkasa ini telah luput dari perhatian para ilmuwan sejak fenomena ini ditemukan pada tahun 2007.

Mengingat seberapa cepat ledakan tersebut, ilmuwan terkadang menyebutnya sebagai FRB, sebab sangat sulit dilacak dan dipelajari. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang asam mula semburan ledakan radio ini akan dapat membantu ilmuwan memahami apa penyebabnya.

Sebuah tim astronom internasional mampu melacak lokasi delapan ledakan radio cepat di luar angkasa. Namun, asal-usul tiga pancaran radio di antaranya tetap tidak meyakinkan.

Baca juga: Pancarkan Gelombang Radio, Fenomena Aneh Bintang Paling Misterius

 

Untuk melacak asal pancaran radio misterius ini, para ahli menggunakan pencitraan luar angkasa dari teleskop Hubble. Studi tersebut telah diterima dan segera dipublikasikan di The Astrophysical Journal.

Terlacak di galaksi spiral

Lima dari pancaran radio luar angkasa tersebut berasal dari galaksi spiral, yakni salah satu jenis galaksi paling umum di alam semesta, dan galaksi Bima Sakti adalah salah satu jenis galaksi spiral tersebut.

Galaksi spiral adalah galaksi paling umum yang memiliki ciri khas lengan spiral di mana pembentukan bintang terjadi.

Baca juga: Teleskop Radio, Cara Dunia Mengenal Alam Semesta

 

Pancaran radio misterius yang ditelusuri para ilmuwan ini terletak di sepanjang lengan galaksi spiral yang berbeda jarak antara sekitar 400 juta hingga 9 miliar tahun cahaya.

Ledakan radio ini mungkin terjadi sangat singkat, tetapi suar atau dampak semburan radiasinya menciptakan lebih banyak energi daripada yang dihasilkan matahari kita selama satu tahun penuh.

Para ilmuwan telah menemukan sedikitnya 1000 semburan seperti itu sejak 2007. Akan tetapi, mereka hanya dapat melacak sekitar 15 pancaran ledakan radio misterius di galaksi lain di alam semesta ini.

Kesemua pancaran ledakan radio misterius di luar angkasa itu ditemukan berasal dari galaksi terjauh, galaksi muda dan galaksi masif.

Baca juga: Pertama Kalinya, Astronom Gunakan Gelombang Radio Deteksi Exoplanet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com