Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Varian Virus Corona yang Masuk ke Indonesia, Kenali Gejala hingga Bahayanya

Kompas.com - 21/05/2021, 10:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Virus corona terus bermutasi sejak pandemi penyakit yang kemudian disebut Covid-19 ini merebak awal 2020 lalu. Varian-varian virus corona ini pun mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi adanya tiga varian baru virus corona yang telah masuk ke Indonesia. Ketiganya di antaranya berasal dari Inggris yang disebut varian B.1.1.7, varian B.1.351 dari Afrika Selatan dan varian Covid-19 India yang dikenal sebagai B.1.617.

Mutasi virus corona SARS-CoV-19 telah diketahui sejak pertengahan tahun 2020. Di tengah wabah semakin banyak menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (8/5/2020), Oscar MacLean, seorang Bioinformatika di Pusat Penelitian Virus University of Glasgow, Inggris mengatakan bahwa mutasi virus adalah fitur replikasi virus yang pasti terjadi.

"Ini tidak bisa dihindari. Meskipun penting untuk memantau mutasi virus, tapi bukan berarti jadi satu-satunya perhatian," kata dia seperti dilansir dari Newsweek.

Baca juga: Selain Covid-19 dari India, Apa Saja Varian Virus Corona yang Ada di Indonesia?

 

Virus SARS-CoV-2 telah bermutasi, tapi ilmuwan menilai bahwa itu bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebab, mutasi suatu virus adalah siklus yang normal. Berikut ini tiga varian virus corona di Indonesia, dari bahayanya hingga gejalanya.

1. Varian Inggris B.1.1.7

Varian B.1.1.7 adalah salah satu mutasi virus corona yang kali pertama muncul di Inggris.

Lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Inggris, membuat para ilmuwan mencoba mengidentifikasi penyebabnya.

Para ilmuwan kemudian menemukan mutasi virus corona membuat virus SARS-CoV-2 menjadi lebih menular. Kendati telah melakukan lockdown ketat, namun akhirnya varian virus corona Inggris ini menyebar ke sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (1/5/2021), varian virus corona B.1.1.7 dari Inggris ini teridentifikasi di Indonesia untuk kali pertama pada awal Maret 2021.

Baca juga: Varian Virus Corona B.1.1.7 Inggris Lebih Mematikan, Studi Ini Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com