Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauci: Vaksin Covid-19 untuk Anak Kemungkinan Tersedia Akhir 2021

Kompas.com - 20/05/2021, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Reuters,CNN

KOMPAS.com - Anak-anak di Amerika Serikat kemungkinan akan bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun ini atau kuartal pertama 2022, kata Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka di negara itu, dalam sebuah acara pada hari Rabu.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) awal bulan ini memberi izin penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk digunakan pada remaja usia 12-15 tahun.

Fauci juga mencatat perlunya suntikan penguat Covid-19 dalam satu tahun atau lebih setelah mendapatkan suntikan utama.

Baca juga: Vaksin Pfizer Kantongi Izin FDA untuk Vaksinasi pada Anak Remaja

"Saya pikir, kita hampir pasti akan membutuhkan booster dalam waktu satu tahun atau lebih, setelah mendapatkan suntikan utama. Karena, perlindungan yang diberikan vaksin Covid-19 tidak bertahan seumur hidup seperti campak," kata Fauci seperti dilansir dari Reuters, Kamis (20/5/2021).

Chief Executive Officer Pfizer Albert Bourla pada acara tersebut mengatakan, suntikan penguat (booster) kemungkinan diberikan antara 8-12 bulan setelah suntikan utama.

Pada bulan April, Bourla mengatakan kepada CNBC bahwa orang-orang "kemungkinan" akan membutuhkan dosis penguat ketiga dari vaksin Covid-19 dalam 12 bulan.

Namun, para ilmuwan mempertanyakan perlunya suntikan penguat Covid-19 karena kurangnya data untuk membuat keputusan yang tepat.

Ada kemajuan signifikan dalam memastikan kesetaraan vaksin, tambah Fauci.

Dia menyoroti bahwa suntikan vaksin harus tersedia di lokasi geografis yang mudah diakses oleh minoritas sebagai pelajaran untuk pandemi berikutnya.

Baca juga: Ada 10 Kasus Covid-19 Varian B.1.617 di Indonesia, Kenali Gejalanya

Di kesempatan lain, pada Kamis (13/5/2021), Fauci mengatakan bahwa anak-anak masih harus memakai masker saat bermain dengan teman, terutama saat berada di dalam ruangan.

"Anak-anak harus pakai masker ketika bermain di luar dan di dalam rumah. Masker harus dipakai," kata Fauci kepada CNN, Kamis (13/5/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com