Kompas.com - 20/05/2021, 12:31 WIB

KOMPAS.comMemar adalah kondisi kehitaman atau keunguan pada kulit. Memar disebut juga hematoma. Luka memar bisa terjadi pada siapa saja dan pada umur berapa saja.

Umumnya orang akan merasakan sedikit sakit pada memar atau bahkan tidak menyadari adanya memar karena tidak menimbulkan rasa nyeri sama sekali.

Memar paling umum terjadi akibat trauma benturan atau kontusio. Trauma ini akan menyebabkan pembuluh darah yang paling kecil, yaitu pembuluh kapiler, pecah. Akibat dari pecahnya pembuluh kapiler ini, darah akan keluar dari pembuluh darah dan terperangkap di bawah kulit. Inilah kondisi memar yang umum kita ketahui.

Dilansir dari Health Line (24/4/2018), ada kondisi tertentu yang membuat memar adalah kondisi yang darurat dan harus segara ditangani. Berikut pembahasannya.

Cedera akibat olahraga

Cedera akibat olahraga bisa terjadi saat terjadi trauma atau beban berlebih pada bagian tubuh. Cedera yang bisa membuat memar saat berolahraga meliputi patah tulang, dislokasi sendi, keram otot, dan keseleo.

Baca juga: Halo Prof! Mengapa Tubuh Mudah Memar meski Tidak Sakit?

Trombositopenia

Trombositopenia adalah kondisi saat jumlah trombosit atau keping darah berada di bawah nilai normal. Trombosit berfungsi untuk menghentikan perdarahan saat luka, serta memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah.

Gejala yang muncul bisa bervariasi. Namun umumnya, orang dengan trombositopenia akan mengalami luka memar yang melebar berwarna merah, ungu, atau kecoklatan, atau ruam dengan titik-titik merah atau ungu.

Gejala lain yang mungkin dialami adalah perdarahan dari hidung, gusi berdarah, perdarahan yang tidak berhenti atau membeku, kencing berdarah, atau muntah darah.

Leukimia

Leukimia adalah salah satu kanker yang menyebabkan sel darah putih tumbuh tidak terkontrol. Sel darah putih adalah sel darah yang bertanggung jawab untuk reaksi imun tubuh.

Leukimia ditandai dengan gejala keringat berlebih pada malam hari, kelelahan, turun berat badan, nyeri pada tulang, pembengkakan pada kelenjar limpa di leher dan ketiak, serta mudah memar dan ruam kemerahan pada kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.