Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Manfaat Bawang Merah, Bagus untuk Menebalkan Rambut

Kompas.com - 18/05/2021, 10:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang banyak digunakan hampir di setiap masakan. Bawang merah merupakan bumbu yang asli tumbuh di Asia Tengah dan Asia Tenggara, lalu menyebar ke India.

Bawang merah digunakan dalam Ayurveda, yaitu pengobatan tradisional dari India. Bawang merah dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati radang tenggorokan, infeksi, dan kembung.

Dilansir dari USDA National Nutrient Database, bawang merah mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang merah mengandung karbohidrat, protein, folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, roboflavin, tiamin, sodium, potasium, dan zat besi.

Selain itu, bawang merah kaya akan vitamin A, B, C, fosfor, dan magnesium. Bawang merah juga mengandung peptida yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun Anda.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Dilansir dari Style Craze (9/1/2018), berikut adalah manfaat dari bawang merah untuk kesehatan Anda.

Mencegah kanker

Bawang merah mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah sel kanker tumbuh dan mengurangi resiko terkena kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa bawang merah mengandung etil asetat yang bisa memperlambat perkembangan sel kanker.

Rutin mengonsumsi bawang merah juga terbukti menurunkan resiko terkena kanker usus karena efek antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang merah.

Menjaga kesehatan jantung

Dua antioksidan yang terkandung di dalam bawang merah adalah alisin dan kuersetin. Keduanya dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Alisin juga menstimulasi produksi glutation, yaitu antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.
Selain itu kandungan potasium dalam bawang merah bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan pembuluh darah serta meregulasi tekanan darah.

Membantu proses detoksifikasi

Bawang merah secara umum melancarkan peredaran darah. Peredaran darah merupakan tahap yang penting untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, maka dari itu bawang merah dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi.

Selain itu, bawang merah juga menstimulasi enzim pencernaan tertentu yang merupakan bagian penting dari detoksifikasi pada hati. Bawang merah mengandung sulfur yang merupakan senyawa penting untuk proses detokifikasi pada hati.

Menjaga gula darah

Kandungan flavonoid dalam bawang merah dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan sensitivitas insulin. Kondisi ini akan membuat gula darah lebih terkontrol dan mencegah diabetes tipe 2.

Meningkatkan fungsi otak

Bawang merah mengandung folat yang sangat penting untuk kesehatan otak. Fungsi otak sangat penting untuk kesehatan mental dan emosional seseorang. Kandungan lain dalam bawang merah yang baik untuk otak adalah zat besi dan pyrithione yang terbukti bisa meningkatkan aktivitas otak dan mencegah Alzheimer.

Baca juga: 9 Cara Obati Sakit Gigi di Malam Hari, Kompres Es hingga Bawang Putih

Mencegah obesitas

Di dalam bawang merah terkandung senyawa etil asetat yang bisa mencegah penumpukkan lemak di dalam tubuh. Antioksidan dalam bawang merah juga bisa mingkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa mencegah obesitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com