Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Reaksi Kulit dari Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 13/04/2021, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Efek samping vaksin Covid-19 tidak hanya dirasakan tubuh bagian dalam. Akan tetapi, reaksi kulit di lokasi bekas suntikan vaksinasi juga cukup banyak dilaporkan.

Reaksi kulit dapat terjadi setelah vaksinasi Covid-19, tetapi pada umumnya, efek vaksin pada kulit relatif ringan.

Hal itu diungkapkan sebuah penelitian tentang reaksi kulit setelah vaksinasi Covid-19 yang diterbitkan secara daring pada 7 April lalu di Journal of American Academy of Dermatology.

Dilansir dari Medical Xpress, Selasa (13/4/2021), Devon E. McMahon dari Harvard Medical School di Boston dan timnya telah mengevaluasi dan menganalisis reaksi kulit setelah vaksinasi Covid-19.

Sejak akhir tahun 2021, warga Amerika Serikat telah menerima suntikan vaksin Pfizer dan disusul vaksinasi dengan vaksin Moderna.

Baca juga: Dewi Perssik Alami Ruam Kulit akibat Covid-19, Ahli Sebut Jarang Terjadi

 

Para peneliti melaporkan, bahwa dari Desember 2020 hingga Februari 2021, terdapat 414 reaksi kulit terhadap suntikan vaksin mRNA Covid-19, baik vaksin Moderna maupun vaksin Pfizer yang dikembangkan bersama BioNTech.

Hasilnya, dari data tersebut, 83 persen reaksi kulit terjadi pasca-suntikan vaksin Moderna dan 17 persen reaksi kulit ditunjukkan pada penerima vaksin Pfizer.

Manifestasi yang paling umum adalah reaksi lokal yang tertunda, diikuti oleh reaksi di tempat bekas suntikan vaksin, erupsi urtikaria dan erupsi morbilliform.

Kekambuhan pada dosis kedua vaksin terjadi pada 43 persen pasien yang memiliki reaksi kulit saat menerima dosis pertama.

Namun, dalam analisis studi tersebut tidak ditemukan pasien yang mengalami reaksi kulit serius, dari efek samping vaksin setelah mendapatkan salah satu dosis.

Baca juga: Mengenal Skin Tag, Mirip Kutil Kulit Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com