Fingertips, Bagian Kulit Sangat Sensitif yang Ada di Ujung Jari

Kompas.com - 23/03/2021, 12:02 WIB
Dea Syifa Ananda,
Gloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Tuhan telah menciptakan tubuh manusia dengan sangat sempuna. Semua bagian tubuh memiliki fungsi kegunaan masing-masing untuk membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Salah satu bagian yang sangat berpengaruh adalah kulit.

Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Mereka menyelimuti tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki sehingga memungkinkan kita menyentuh, merasakan, dan berinteraksi dengan dunia luar.

Namun tahukah Anda, ada satu bagian dari kulit yang sangat sensitif dan bisa merasakan dengan lebih akurat daripada yang lain? Namanya fingertips atau ujung jari kita.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Punya Sidik Jari?

Dilansir Science Alert, Minggu (21/3/2021) sebuah studi baru telah mengungkapkan betapa reseptifnya neuron sensorik di jari-jari kita.

Para ilmuwan menemukan bahwa, manusia dapat mendeteksi sentuhan pada skala yang sangat kecil hanya melalui satu punggungan sidik jari.

Neuron sensorik yang menempel pada reseptor bertitik tepat di bawah permukaan kulit sehingga memungkinkan kita mendeteksi sentuhan, getaran, tekanan, nyeri, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, tangan kita sendiri mengandung puluhan ribu neuron dam masing-masing memiliki reseptor di area permukaan kecil kulit yang disebut medan reseptif.

Para peneliti melakukan penelitian dengan mengikat lengan 12 orang sehat dan menempelkan kuku mereka ke tempat plastik untuk memastikan mereka tidak bisa bergerak.

Kemudian mesin menggerakkan kerucut kecil selebar 0,4 milimeter dengan jarak sekitar 7 mm di seluruh kulit mereka untuk direkam terhadap respons setiap neuron menggunakan elektroda di lengan peserta.

Dengan menghitung area deteksi neuron sensorik dan memetakannya ke sidik jari, peneliti menemukan bahwa lebar area deteksi setara dengan lebar satu punggungan sidik jari.

Para peneliti melaporkan bahwa sensitivitas pengaturan subbidang untuk kedua jenis neuron rata-rata sesuai dengan periode spasial 0,4 milimeter.

Hal ini memberikan bukti bahwa selektivitas spasial subbidang muncul karena organ reseptor mengukur kejadian mekanis terbatas pada punggungan papiler tunggal.

Ilustrasi jari tangantomodaji Ilustrasi jari tangan

Uniknya, ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa sidik jari membantu kita merasakan dunia di sekitar kita dengan lebih akurat.

"Kami memiliki semua spot ganda tersebut dan masing-masing menanggapi dengan rincian 0,4 milimeter dan itu merupakan perkiraan lebar punggungan sidik jari," kata Jarocka.

Kemudian, otak memproses dan menerima semua informasi itu dan penemuan ini benar-benar menjelaskan bagaimana mungkin kita bisa begitu cekatan dan memiliki kepekaan yang tinggi di ujung jari kita.