Dijinakkan di Eurasia, Bagaimana Anjing Migrasi ke Seluruh Dunia?

Kompas.com - 31/01/2021, 12:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Nenek moyang anjing diperkirakan dijinakkan oleh manusia di Eurasia sekitar 23.000 tahun yang lalu.

Namun, masih banyak teka-teki seputar kisah domestikasi itu sendiri, misalnya saja bagaimana anjing kemudian menyebar ke seluruh belahan dunia.

Tetapi dalam sebuah studi baru yang diterbitkan PNAS, peneliti berhasil mengungkap bukti salah satu migrasi anjing ke wilayah Amerika.

Baca juga: 4 Alasan Anjing Menjulurkan Lidah, dari Sakit hingga Bahagia

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (29/1/2021) anjing memasuki Amerika melalui Beringia, jembatan darat yang telah lama hilang yang menghubungkan Rusia dan Kanada.

"Satu-satunya yang kami tahu domestikasi anjing tidak terjadi di Amerika. Dari tanda genetik, anjing purba ada di suatu tempat di Siberia sebelum akhirnya bermigrasi ke Amerika," kata Laurent Frantz, ahli genetika dari .

Untuk mencapai kesimpulan itu, peneliti menganalisis catatan arkeologi dari anjing domestik paling awal yang muncul sekitar 15.000 tahun yang lalu.

Selanjutnya peneliti membandingkannya dengan bukti genetik dari sisa garis keturunan anjing paling awal lainnya, termasuk haplogroup yang diperkirakan berumur sekitar 22,8 ribu tahun yang lalu.

Dengan membandingkan populasi tersebut, para peneliti kemudian membangun garis waktu yang memetakan bagaimana anjing tersebar ke seluruh dunia.

Pada akhirnya, analisis menunjukkan manusia purba kemungkinan membawa anjing peliharaan mereka dari Eurasia saat mereka melakukan perjalanan ke negeri baru, termasuk Amerika.

"Kami telah lama mengetahui bahwa orang Amerika pertama pasti memiliki ketrampilan berburu yang terasah, pengetahuan untuk menemukan batu dan bahan lain untuk menghadapi tantangan baru," ungkap David Meltzer, arkeolog dari Southern Methodist University, Dallas, Texas.