Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langka, Anak Anjing Laut Warna Hitam Ditemukan di Inggris

Kompas.com - 22/01/2021, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Pengawas yang memantau koloni anjing laut abu-abu terbesar di Inggris menemukan 10 anak anjing laut berwarna hitam di antara populasi tersebut.

Pengawas melihat anak-anak anjing laut itu selama musim dingin di koloni anjing laut abu-abu di pantai Norfolk.

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/1/2021) anak anjing laut berwarna hitam merupakan hal yang langka ditemukan. Pasalnya, anjing laut abu-abu biasanya terlahir dengan warna putih.

Anak anjing laut akan merontokkan bulunya pada usia sekitar dua hingga tiga minggu dan akan memperlihatkan bulu aslinya yang berwarna abu-abu.

Baca juga: Inggris Siap Sambut Kelahiran 4.000 Anak Anjing Laut Tahun Ini

Tapi sekitar satu dari 400 anjing laut abu-abu justru memiliki warna hitam yang terlihat saat mereka berganti bulu atau kehilangan bulu putihnya.

Anjing laut dengan kelainan ini disebut dengan anjing laut melanistik, di mana melanin mengalami peningkatan perkembangan menjadi pigmen berwarna gelap.

Koloni di Cagar Alam Nasional Blakeney National Trust di Norfolk diperkirakan akan menyambut kelahiran sekitar 4.000 anak anjing laut baru musim ini.

Jumlahnya tersebut telah berkembang sedemikian rupa dalam beberapa tahun terakhir, sehingga penjaga hutan harus memikirkan kembali cara mereka menghitung anjing laut yang lahir di sepanjang pantai Norfolk.

Karena kepadatan koloni, pihak cagar alam National Trust juga menganggap tidak aman untuk berjalan melewatinya, baik untuk staf maupun untuk anjing laut.

Hal ini membuat pihak cagar alam melakukan tindakan penghitungan dalam satu area, alih-alih menghitung semuanya satu per satu.

Penghitungan dalam satu area pun sudah dapat memberikan indikasi tentang apa yang terjadi di seluruh koloni.

Baca juga: Diduga Kelaparan, Ribuan Anjing Laut di Namibia Mati Misterius

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com