4 Cara Penularan Virus Corona, dari Transmisi Pernapasan hingga Tinja

Kompas.com - 21/01/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi penularan virus corona SHUTTERSTOCK/ImageFlowIlustrasi penularan virus corona

KOMPAS.com - Tercatat ada lebih dari 97 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia, dengan jumlah kematian lebih dari dua juta.

Sementara di Indonesia, total kasus Covid-19 di Indonesia 939.948 orang. Setiap harinya belasan ribu kasus bertambah.

Menurut data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (20/1/2021) pukul 12.00 WIB, terdapat 149.388 kasus aktif Covid-19 atau 15,9 persen dari total kasus terkonfirmasi.

Untuk mencegah penularan semakin meluas, penting bagi kita memahami cara penyebaran virus corona agar tidak terinfeksi dan menulari orang lain.

Dilansir WebMD, para ahli mengatakan penularan virus corona SARS-CoV-2 antar manusia dapat terjadi karena empat cara.lar

Baca juga: ASI Eksklusif di Indonesia Meningkat Tajam Selama Pandemi Covid-19

1. Tetesan pernapasan (droplets) dan aerosol

Ketika orang yang terinfeksi Covid-19 batuk, bersin, atau berbicara, droplets atau partikel kecil yang disebut aerosol membawa virus ke udara dari hidung atau mulut mereka.

Siapapun yang berada dalam jarak 2 meter dari pembawa virus tersebut dapat menghirupnya ke paru-paru mereka.

Ilustrasi penularan Covid-19 melalui airborne Dok. SHUTTERSTOCK/METAMORWORKS Ilustrasi penularan Covid-19 melalui airborne

2. Transmisi udara

Penelitian menunjukkan bahwa virus dapat hidup di udara hingga 3 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X