Waterspout Waduk Gajah Mungkur, Kenali Tanda dan Waktu Datangnya Puting Beliung

Kompas.com - 21/01/2021, 12:30 WIB
PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore. KOMPAS.COM/PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore.

KOMPAS.com - Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri diterjang fenomena waterspout atau puting beliung air pada pukul 16.00 WIB, Rabu (20/1/2021).

Kepala Sub Bidang Produksi Informasii Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto mengatakan bahwa meskipun tampak seperti puting beliung dan memiliki mekanisme yang sama, nyatanya waterspout berbeda dengan puting beliung.

"Kalau di darat namanya puting beliung, kalau di atas air (danau) atau di selat/laut namanya waterspout," kata Siswanto kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, BMKG Sebut Itu Waterspout

Mengenai angin puting beliung, selain biasanya terjadi di darat, juga umumnya terjadi di daerah perbatasan kota dan desa, atau antara suatu daerah dengan suhu panas dan daerah bersuhu dingin.

Hal itu karena daerah perbatasan rentan terhadap tekanan masa udara, dari suhu dingin ke suhu panas. Sehingga, memicu adanya pertukaran suhu dan perputaran awan beserta angin di sekitarnya.

Namun, angin puting beliung merupakan peristiwa yang umumnya terjadinya secara lokal.

Tanda- tanda datangnya puting beliung atau waterspout

Di musim hujan dan pancaroba (pergantian musim) masyarakat diminta untuk waspada, dengan mengetahui tanda-tanda salah satu bencana hidrometeorologi, yaitu puitng beliung, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

1. Satu hari sebelumnya, udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas dan gerah.

2. Mulai pukul 10.00 terlihat tumbuh awal Cumulus. Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

3. Tahap berikutnya, awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi abu-abu/hitam.

4. Pepohonan di sekitar tempat kita berdiiri ada dahan atau ranting yang mulai bergoyang cepat.

5. Terasa ada sentuhan udara dingin di sekitar tempat kita berdiri.

Baca juga: Waterspout Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Ini 5 Tanda Kemunculannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X