4 Alasan Anjing Menjulurkan Lidah, dari Sakit hingga Bahagia

Kompas.com - 17/01/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi anjing ras irish setter. SHUTTERSTOCK/ANNA GOROSHNIKOVAIlustrasi anjing ras irish setter.

KOMPAS.com - Anjing kerap sekali terlihat sedang mengeluarkan lidah. Entah saat berlari, usai mencium pemiliknya, atau saat makan dan minum.

Terkadang mereka hanya menjulurkan sedikit, tapi di lain waktu seluruh lidah keluar dari sisi mulut.

Perilaku kerap menjulurkan lidah ini memang aneh sekaligus menggemaskan.

Meski perilaku ini tidak berbahaya, sebenarnya saat anjing menjulurkan lidah juga bisa jadi sinyal terkait masalah kesehatannya.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Hidung Anjing Terasa Dingin dan Basah?

Dilansir Dog Time, berikut empat alasan kenapa anjing Anda sering menjulurkan lidah.

1. Hanging Tongue Syndrome atau Sindrom Lidah Gantung

Persis seperti namanya, sindrom lidah gantung atau hanging tongue syndrome adalah kondisi saat lidah anjing menjulur keluar dari mulutnya. Ini bukan pertanda adanya masalah lain.

Ini adalah kondisi yang cenderung dialami ras anjing kecil dan brachycephalic seperti Pugs, karena faktor genetik.

Lidah mereka mungkin terlalu besar untuk rongga mulut atau proses tumbuh kembang menyebabkan tulang rahang abnormal yang tidak menopang lidah dengan baik.

Jika anjing Anda mengalami overbite atau underbite, mereka mungkin mengalami kondisi ini, terutama seiring bertambahnya usia.

Genetika bukan satu-satunya penyebab sindrom lidah gantung pada anjing.

Sebagai contoh, penyakit gigi yang parah dapat menyebabkan pembusukan pada gigi bawah. Saat gigi yang sakit ini tanggal atau dicabut, tidak ada penyangga lidah, jadi lidahnya akan keluar begitu saja dan menggantung ke samping atau ke depan.

Untungnya, anjing yang memiliki sindrom ini tetap dapat hidup dengan bahagia dan sehat, tanpa mengalami masalah yang parah.

Namun, Anda harus memeriksakan kondisi tersebut ke dokter hewan, karena beberapa kanker mulut juga dapat menyebabkan lidah menggantung.

Halaman:


Sumber Dog Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X