Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Prosedur Melahirkan untuk Ibu Hamil Positif Covid-19

Kompas.com - 19/06/2020, 13:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecemasan tentu melanda bagi Ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19. Wajar apabila calon ibu merasa khawatir akan keamanan bayi selama masa kehamilan, bahkan dalam proses melahirkan.

Kendati demikian, dipastikan calon ibu tetap dapat melahirkan anak yang sehat dan bebas dari virus corona. Tentunya, ada prosedur yang perlu dijalani.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Eric Kasmara, Sp. OG menyatakan, hingga kini belum dapat dibuktikan virus Covid-19 dapat menular ke bayi dari Ibu hamil, baik pada saat kehamilan atapun proses persalinan.

"Sebetulnya penularan bukan melalui plasenta tapi melalui droplet, kalau sudah dilahirkan itu yang potensi menularkan," katanya dalam webinar RSPI: Persiapan Persalinan di Masa New Normal, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Cegah Kenaikan Berat Badan Berlebih Usai Melahirkan, Begini Caranya

Ia mengatakan, sebelum menjalankan proses persalinan, pihak rumah sakit sudah lebih dulu melakukan prosedur screening Covid-19 pada Ibu.

Jika positif Covid-19, maka prosedur persalinan dilakukan dengan operasi caesar (caesarean section).

Selain itu, Ibu tidak dianjurkan untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) karena ASI akan diperah dan diberikan kepada bayi melalui botol. Tujuannya, untuk menghindari potensi penularan saat menyusui.

Kendati demikian, jika tetap menginginkan untuk menyusui secara langsung, maka perlu pengamanan yang ketat. Ibu harus memakai masker jenis N95 dan faceshield.

"Kalau perlu dobel dengan masker medis juga," kata dr. Eric.

Baca juga: Ibu Hamil Rentan Terinfeksi Virus Corona, Begini Upaya Pencegahannya

Prosedur lainnya, setelah proses persalinan Ibu dan bayi tidak akan menggunakan ruang rawat yang sama.

"Ibu dan bayi tidak menggunakan ruang rawat gabung. Jadi bayinya berada di ruang bayi," kata dia.

dr Eric menambahkan, untuk menghindari bayi terinfeksi Covid-19 perlu mamastikan kebersihan tangan sebelum memegang bayi.

"Hindari juga bayi dari kunjungan orang dewasa," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com