Ibu Hamil Rentan Terinfeksi Virus Corona, Begini Upaya Pencegahannya

Kompas.com - 10/05/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi hamil ShutterstockIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh merupakan poin penting untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang hingga saat ini masih menyebar di dunia.

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, ibu hamil dikategorikan sebagai kelompok rentan terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RSAB Harapan Kita, dr Mohammad Haekal SpOG.

"Selama masa pandemi Covid-19, ibu hamil dianjurkan untuk ke rumah sakit apabila terdapat keadaan darurat atau emergency," kata Haekal melalui diskusi daring bertajuk "Menjalani Kehamilan di Saat Pandemi by Johnson's" pada Rabu (6/5/2020).

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Kontrol Kandungan?

Haekal menegaskan bahwa menunda atau membatasi kunjungan ke fasyankes perlu dilakukan, karena kondisi ibu hamil yang lebih rentan jika terkena infeksi berbagai virus, termasuk virus Corona SARS-CoV-2.

Ada beberapa kondisi, yang menyebabkan ibu hamil termasuk kelompok rentan terinfeksi virus corona. Berikut penjelasannya:

  1. Ibu hamil cenderung mengalami gangguan pada saluran pernapasan saat terinfeksi virus jenis apapun.
  2. Perubahan sistem imun dan kardiovaskular pada ibu hamil, cenderung berpotensi untuk menderita penyakit berat jika terinfeksi virus.
  3. Demam dengan penyebab apapun yang lebih dari 38 derajat di usia kandungan trisemester pertama akan meningkatkan angka kelainan bawaan.
  4. Ibu hamil dengan penyakit penyerta seperti gula dan darah tinggi harus lebih waspada dan hati-hati.
  5. Kendati dinyatakan lebih rentan, kata dia, hingga saat ini belum ada bukti klinis mengenai penularan infeksi Covid-19 dari ibu ke janin di dalam kandungan, keguguran dan kematian janin ketika ibu hamil positif terinfeksi Covid-19.

Oleh sebab itu, Haekal mengingatkan ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi.

Beberapa makanan di bawah ini dapat membantu ibu hamil meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Makanan bergizi
  • Makanan rendah karbohidran
  • Makanan tinggi protein
  • Makanan kaya serat
  • Makanan kaya vitamin C, D, E
  • Makanan kaya selenium dan zinc
  • Menjalankan perilaku perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
  • Menjalankan aktivitas fisik ringan

"Para ibu hamil pun dianjurkan melakukan olahraga ringan selama 30 menit. Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan ibu hamil," kata dia.

Adapun PHBS yang sebaiknya diterapkan oleh ibu hamil dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini yaitu rajin mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar, menerapkan etika batuk, hingga menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X