Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 7,6 Guncang Rusia, Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Kompas.com - 25/03/2020, 12:38 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pagi ini, Rabu (25/3/2020) pada pukul 09.49 WIB terjadi gempabumi tektonik bermagnitudo M 7,6 di wilayah Kepulauan Kuril, Rusia.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa ini terletak pada koordinat 48,95 LU dan 157,53 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut Samudera Pasifik pada jarak 198 kilometer arah Tenggara Kepulauan Kuril, Rusia pada kedalaman 49 kilometer.

Baca juga: Dilema Mitigasi Kroasia, antara Gempa dan Lockdown Virus Corona

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng pada Palung Kurile-Kamchatka (Kurile-Kamchatka Trench).

"Hal analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi ini dipicu oleh adanya penyesaran naik," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, dampak guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kepulauan Kuril dan sekitarnya pada skala intensitas V MMI.

"Guncangan gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, barang yang tergantung bergoyang," ujar dia.

Akan tetapi, hingga saat artikel ini diterbitkan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Meskipun di sekitar pusat gempa tercatat tsunami kecil hanya beberapa sentimetar, akan tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Oleh sebab itu, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang.

Baca juga: Sukabumi Gempa Lagi, Tak Ada Kaitan dengan Lindu Sebelumnya

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, kepulaun Kuril dan Semenanjung Kamchatka Rusia merupakan kawasan rawan gempabumi dan tsunami.

Gempa dahsyat sudah beberapa kali terjadi di wilayah ini, seperti pada tahun:

  • 1952 (M 9,0)
  • 1963 (M 8,5) dan (M 7,8)
  • 2006 (M 8,3)
  • 2007 (M 8,1)
  • Gempa yang terjadi hari ini, 2020 (M 7,6)

"Di antara catatan gempa tersebut sebagian memicu tsunami yang destruktif," kata Daryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com