Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilema Mitigasi Kroasia, antara Gempa dan Lockdown Virus Corona

Kompas.com - 24/03/2020, 10:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah ramainya isu dan wabah virus Corona atau Covid-19 yang menyerang dunia, kemarin Minggu (22/3/2020), wilayah Zagreb, ibu kota Kroasia diguncang gempa kuat berkekuatan M 5,3. 

Gempa yang terjadi pukul 6.23 waktu setempat itu membuat kepanikan warga setempat.

Disampaikan oleh Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa yang mengguncang Zagreb itu masih dalam kategori dangkal.

Episenter gempa terletak pada koordinat 45,87 LU dan 16,02 BT tepatnya di darat pada jarak 7 kilometer arah utara Zagreb pada kedalaman 5 kilometer.

Baca juga: Sukabumi Gempa Lagi, Tak Ada Kaitan dengan Lindu Sebelumnya

Kendati gempa yang terjadi masih dalam kategori dangkal, kata Daryono, beberapa saat setelah gempa utama terjadi, muncul gempa susulan signifikan dengan kekuatan M 5,0 dan M 3,7.

"Saking kuatnya guncangan, gempa dilaporkan dirasakan hingga Austria selatan dan Slovenia," kata Daryono dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (23/3/2020) malam.

Gempa yang terjadi ini juga telah menyebabkan kerusakan dan kepanikan luar biasa di saat sebagian ibu kota sedang mengalami lockdown karena penyebaran virus Corona.

"Dampak gempa ini dilaporkan menimbulkan banyak bangunan rusak. Jalan-jalan di pusat kota dipenuhi puing bangunan," ujar dia.

Dalam beberapa foto tampak bongkahan beton menimpa mobil, pecahan-pecahan tembok, dan cerobong asap terlempar hingga ke jalan-jalan.

Seorang anak dilaporkan terluka dan kritis, di samping banyak warga lain yang juga menderita luka-luka.

Sumber gempa Zagreb

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman pusat gempanya, tampak bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar aktif.

Diduga kuat pemicu gempa ini adalah aktivitas Zona Sesar Medvednica atau Medvednica Fault Zone.

Zona Sesar Medvednica adalah zona sumber gempa di Kroasia utara tepatnya di kawasan Pegunungan Medvednica. Zona sesar aktif ini memiliki orientasi Timur Timur laut - Barat Barat daya.

Sistem sesar ini memiliki mekanisme pergerakan naik dan sesuai hasil analisis mekanisme sumber gempa kemarin yang juga menunjukkan pergerakan naik.

Jika menilik catatan sejarah gempa Balkan, gempa ini adalah yang terbesar di Zagreb dalam kurun waktu 140 tahun terakhir.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com