Sukabumi Gempa Lagi, Tak Ada Kaitan dengan Lindu Sebelumnya

Kompas.com - 23/03/2020, 07:24 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatam M 3,5 yang terjadi Minggu (22/3/2020) pagi, mengguncang Kota Sukabumi dan terasa di Pelabuhan Ratu.

Menurut analisis BMKG, gempa ini diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif Cimandiri.

Gempa itu terjadi tepat pukul 10.48 WIB, dengan episenter terletak pada koordinat 7,07 LS dan 106,56 BT tepatnya di darat pada jarak 44 km Barat Daya Kota Sukabumi, pada kedalaman 2 km.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara, dan Kecamatan Simpenan.

Getaran yang dirasakan itu berskala intensitas II MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Patut disyukuri bahwa guncangan gempa ini tidak menyebabkan terjadinya kerusakan," kata Daryono.

Baca juga: Hingga Sore Ini, 37 Gempa Susulan Guncang Bali dan Lombok

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa kemarin siang merupakan jenis gempa kerak dangkal atau disebut shallow crustal earthquake, yaitu akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

Apakah ada kaitan antara gempa kemarin dan gempa Kalapanunggal yang terjadi pada beberapa hari lalu?

Dijelaskan Daryono, pembangkit atau sumber gempa kemarin berbeda dengan sumber gempa magnitudo M 5,1 yang mengguncang Kabuptaen Sukabumi, serta menimbulkan kerusakan di Kalapanunggal dan sekitarnya pada 10 Maret 2020 lalu.

"Saat itu gempa dipicu oleh aktivitas Sesar Citarik yang lokasinya di sebelah barat sesar Cimandiri," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X