Kompas.com - 22/03/2020, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Gempabumi tektonik dengan magnitudo (M) 3,5 mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 10.48 WIB, Minggu (22/3/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,07 LS dan 106,56 BT.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,6 Guncang Selatan Bali Tak Berpotensi Tsunami

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 44 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi,pada  kedalaman 2 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Patahan Cimandiri di wilayah tersebut," kata Hendro Nugroho ST MSi selaku Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Laut Seram Maluku Tengah, 7 Kali Susulan

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, kata Hendro, guncangannya dirasakan di wilayah Kecamatan Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas II MMI. Getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Terkait gempabumi susulan, hingga pukul 11.27 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan dan tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.