Rahasia Alam Semesta: Kenapa Bulan bisa Terlihat di Siang Hari?

Kompas.com - 24/03/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi Bulan terlihat di siang hari. Fenomena ini dapat diamati setiap hari. Ilustrasi Bulan terlihat di siang hari. Fenomena ini dapat diamati setiap hari.


KOMPAS.com - Saat pagi hari dan langit sangat cerah, Bulan kadang masih bisa terlihat. Seringkali muncul rasa penasaran, sudah siang, kenapa Bulan masih terlihat?

Ternyata fenomena ini benar-benar sesuatu yang wajar. Biasanya, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10.00 pagi atau sebelum tengah hari.

Pengertian salah yang sangat umum dalam astronomi yakni menjelaskan fenomena ini terjadi karena bulan berhadapan langsung dengan matahari di langit.

Faktanya, seperti melansir Space, Senin (24/3/2020), dalam posisi ini, bulan hanya untuk sekejap yang terjadi selama periode bulan lunar.

Baca juga: Karena Virus Corona, NASA Tunda Peluncuran Misi Baru Artemis ke Bulan

Di mana ini waktu yang tepat untuk bulan purnama, saat jarak bulan sekitar 180 derajat dari Matahari.

Saat masa ini, maka bulan bisa berada di mana saja, dari nol derajat sampai 180 derajat. Setidaknya secara teori, pada periode tersebut bulan dapat terlihat di langit saat siang hari.

Pada saat bulan purnama, bulan akan berada tepat di seberang matahari. Ini berarti, bulan terbit tepat saat matahari terbenam, dan akan menghilang saat matahari terbit.

Ini juga satu-satunya malam, di mana gerhana bulan juga dapat terjadi.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Benarkah Matahari Objek Terbesar di Jagad Raya?

Kendati demikian, gerhana biasanya terjadi hanya dalam satu bulan purnama dari setiap enam periode. Yakni, saat bayangan Bumi terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk menyentuh bulan.

Ada dua faktor yang dapat membuat penampakan Bulan terjadi di siang hari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber space.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X