Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Proyek Mal di Jakarta Bakal Rampung Tahun Ini, Apa Saja?

Kompas.com - 10/05/2024, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pasokan ruang ritel di Jakarta akan mengalami penambahan pada tahun 2024.

Pasalnya, terdapat beberapa proyek pengembangan mal yang diperkirakan akan selesai.

Berdasarkan laporan Cushman & Wakefield berjudul Marketbeat Greater Jakarta Retail Q1-2024, sepanjang tahun ini, empat proyek pengembangan besar akan segera diluncurkan.

Empat proyek itu meliputi Lippo Mall East Side di Holland Village 44.000 meter persegi, Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine 27.000 meter persegi, Mall Menara Jakarta 27.600 meter persegi, dan Cornerstone-Antasari Place 5.000 meter persegi.

Dari empat proyek pengembangan mal tersebut, hanya Cornerstone-Antasari Place yang diperkirakan selesai tahun 2025. Sementara tiga proyek lainnya diprediksi selesai tahun 2024.

Penambahan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi peningkatan sebesar 2,2 persen terhadap pasokan kumulatif ruang ritel di Jakarta pada masa mendatang.

Pada saat yang sama, beberapa pusat perbelanjaan yang sudah ada termasuk Epicentrum Walk dan Plaza Semanggi sedang melakukan renovasi interior untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di mal-mal tersebut.

Baca juga: Ataru Mal Delipark Medan Resmi Dibuka

Sebelumnya pada kuartal pertama 2024, tren pasokan baru dari fasilitas ritel kecil gaya hidup terus berlanjut dengan selesainya Gafoy Kelapa Gading yang telah menyumbangkan 8.500 meter persegi Net Leasable Area (NLA) ke pasar.

Sehingga pasokan kumulatif ruang ritel di Jakarta menjadi 4.719.500 meter persegi, atau naik 0,4 persen YoY dan 0,2 persen QoQ, yang mencerminkan ekspansi tidak kentara namun terus berlanjut.

Sementara itu, The Park Pejaten, yang sebelumnya dikenal sebagai Pejaten Village, juga telah menyelesaikan renovasi interior tanpa penambahan ruang ritel selama kuartal ini.

Dari segi permintaan, ruang ritel di Jakarta mengalami pertumbuhan sebesar 2,9 persen YoY pada Kuartal I-2024, meningkatkan total permintaan kumulatif menjadi 3.702.900 meter persegi.

Sementara, tingkat hunian rata-rata mencapai 79,1 persen, meningkat 2,5 persen YoY dan 0,7 persen QoQ.

Sektor F&B terus menjadi yang paling aktif, diikuti oleh merek-merek gaya hidup, dengan masuknya merek-merek baru seperti Flying Tiger Copenhagen di Gandaria City dan Urban Republic di Pondok Indah Mall.

KKV juga berekspansi ke Lippo Mall Kemang dan AEON Mall Tanjung Barat.

Pasar juga menyambut beberapa merek internasional, seperti Goldfield & Banks di Plaza Indonesia, ALO di Senayan City, Ebiga Jjamppong di Lippo Mall Puri, serta Cat & the Fiddle dan Tanyu Grilled Fish di Mall of Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com