Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Titik Jalur Lintas Tengah Jabar Berpotensi Macet saat Lebaran

Kompas.com - 30/03/2024, 19:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Para pemudik yang melintas Jalur Lintas Tengah Jawa Barat (Jabar) perlu mengetahui sejumlah titik potensi macet saat Lebaran 2024.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Sjofva Rosliansjah mengatakan, potensi kemacetan diperkirakan akan terjadi di Jalur Lintas Tengah Nagreg-Malangbong-Gentong, dan Ciawi-Puncak-Cianjur yang merupakan daerah wisata.

Selain itu, potensi kemacetan juga bisa dipastikan terjadi di sepanjang Jalur Pantura, terutama simpang Jomin.

"Sedangkan Jalur Pantasi Selatan (Pansela) cenderung lebih aman dari gangguan kemacetan," ujarnya kepada Kompas.com pada Jumat (29/03/2024).

Baca juga: Perhatikan, Ini Titik Rawan Longsor di Jalan Nasional Jabar

Diperkirakan, ada 14 titik kemacetan di sepanjang Jalur Pantura, dari Bekasi hingga Batas Jawa Tengah. Sedangkan Jalur Lintas Tengah diprediksi ada 13 titik kemacetan.

"Sebagian besar lokasi kemacetan ada di daerah perkotaan, pasar, dan terminal," tandasnya.

Terkait kondisi Jalan Nasional di Jabar, berdasarkan SK Menteri PUPR No. 430/KPTS/M/2022 tentang Jalan Nasional, panjang jalan nasional di Provinsi Jabar ialah 1.782,65 km.

Sesuai survei kondisi jalan semester 2 tahun 2023 yang telah dilakukan, kemantapan jalan nasional di BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat sebesar 97,81 persen.

"Kemudian untuk panjang Jalan Nasional di sepanjang Pantai Selatan Jawa Barat adalah sepanjang 415,22 km dengan kemantapan sebesar 97,23 persen," pungkas Sjofva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com