Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Ada 25 Posko Lebaran di Jalan Nasional Jabar, Ini Kelengkapannya

Kompas.com - 30/03/2024, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat (Jabar) akan menyiapkan Posko Jalur Lebaran terdapat di beberapa titik strategis di ruas Jalan Nasional.

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jabar, Sjofva Rosliansjah menyampaikan, akan ada 25 posko siaga tersebar di semua jalur mudik jalan non-tol, baik Jalur Pantura, Lintas Tengah, Jalur Penghubung, dan Jalur Pantai Selatan (Pansela).

"Setiap posko akan dijaga oleh paling tidak 2 orang tiap shift, yang terbagi dalam 3 shift sehari," ujarnya kepada Kompas.com pada Jumat (29/03/2024).

Sesuai dengan aturan, tugas utama Posko Jalur Lebaran PUPR adalah menangani bencana alam.

Untuk itu, BBPJN DKI Jakarta-Jabar melengkapi posko dengan alat berat seperti excavator, dumptruck, dan dozer yang akan berfungsi sebagai Disaster Relief Unit (DRU).

Baca juga: Perhatikan, Ini Titik Rawan Longsor di Jalan Nasional Jabar

Kemudian dilengkapi dengan bahan material jalan untuk menangani lubang jalan sebagai fungsi unit pemeliharaan rutin (UPR), dan sebagai tugas tambahan.

"Kami juga menyiapkan posko pelayanan yang memiliki tugas untuk melayani pemudik," imbuhnya.

Setiap posko pelayanan akan dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung seperti toilet, tempat istirahat, P3K, tempat sholat, air minum dan air bersih, peta informasi jalur mudik, sambungan listrik bagi yang membutuhkan untuk mengisi daya/HP para pemudik.

Pada beberapa posko menggunakan Fasilitas Umum Toilet Umum, namun ada beberapa posko PPK yang menggunakan fasilitas Mobile Toilet yang bekerjasama dengan Ditjen Cipta Karya.

Contohnya PPK 1.5 di wilayah Bekasi, PPK 1.2 di wilayah Losarang Indramayu Pantura, dan PPK 4.4 di wilayah Gentong.

"Dalam 1 set mobile toilet terdapat 2 ruangan terpisah untuk pemudik pria dan wanita," tukas Sjofva.

Adapun posko ini sebagian besar merupakan Posko gabungan dengan Dishub dan Kepolisian untuk memudahkan koordinasi dan pelayanan yang terpadu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com