Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini Titik Rawan Longsor di Jalan Nasional Jabar

Kompas.com - 30/03/2024, 12:21 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat mengimbau para pemudik Lebaran 2024 untuk selalu waspada ketika melintasi ruas Jalan Nasional di Jawa Barat (Jabar).

Pasalnya, ada beberapa ruas yang rawan terjadi longsor, terutama untuk ruas jalan yang berada di kawasan pegunungan ditambah curah hujan yang tinggi belakangan ini.

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jabar, Sjofva Rosliansjah mengatakan, di Jawa Barat terdapat 42 titik rawan banjir atau genangan, dan 57 titik rawan potensi longsor.

Ruas yang berpotensi rawan longsor, untuk lintas tengah menuju ke selatan salah satunya berada di Naringgul-Cidaun untuk jalan nasional.

"Serta Bagbagan-Jampangkulon-Tegalbuleud untuk jalan nasional lintas selatan. Selain itu juga ruas jalan Ciamis-Kuningan dan Bogor-Ciawi-Puncak-Cianjur," ujarnya kepada Kompas.com pada Jumat (29/03/2024).

Baca juga: Catatan Perjalanan Bandung-Cilacap, Jalan Berkelok dan Minim PJU

Untuk mengantisipasi keadaan darurat bencana, BBPJN DKI Jakarta-Jabar akan menyiapkan Posko Jalur Lebaran PUPR yang dilengkapi alat berat seperti excavator, dumptruck, dan dozer, yang akan berfungsi sebagai Disaster Relief Unit (DRU).

"Kami menyiapkan Posko DRU dan menyiagakan Tim Tanggap Darurat Bencana yang dilengkapi Peralatan DRU atau alat berat di lokasi-lokasi rawan bencana," tandasnya.

Adapun secara keseluruhan, panjang jalan nasional di Jabar adalah 1.782,65 km. Sesuai survey kondisi jalan semester 2 tahun 2023, kemantapan jalan nasional BBPJN DKI Jakarta-Jabar sebesar 97,81 persen.

Kemudian untuk panjang jalan nasional di sepanjang Pantai Selatan (Pansela) Jabar adalah sepanjang 415,22 km dengan kemantapan sebesar 97,23 persen..

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com