Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota-kota di Luar Jawa Perlu Punya Sumber Daya Ekonomi, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/03/2024, 15:06 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota-kota di luar Pulau Jawa perlu memiliki resource base economy (perekonomian berbasis sumber daya) sebagai langkah awal mesin pertumbuhan ekonomi.

Informasi ini disampaikan Praktisi Perkotaan dan Properti Soelaeman Soemawinata dalam diskusi interaktif di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

"(di) Indonesia itu harus digerakkan di awal, makanya kota-kota yang mengandalkan ini semua di Indonesia, terutama kota-kota di luar Jawa. Setelah itu, kalau prime mover (penggerak utama) ada, aktivitas ekonomi bergerak, itu baru terbentuknya kota-kota," terang Eman.

Menurut Eman, Balikpapan sebagai kota penghasil minyak bumi tidak akan terjadi apabila perekonomian berbasis sumber dayanya tak berbentuk.

Baca juga: Butuh Economic Engine demi Indonesia Makmur 2045

Lalu, Lhokseumawe maupun Bontang pun tidak akan ada jika tidak ada industri di dalamnya.

Setelahnya, baru ada akselerator berupa properti, perumahan, infrastruktur, maupun fasilitas di dalamnya.

Jika akselerator dimiliki, maka akan memiliki new economic development (pengembangan ekonomi baru).

"Kalau sudah sampai sini, ini bergerak seperti (di) Jakarta). Itu sudah orang enggak bisa kontrol lagi, tapi bagaimana kota-kota di Indonesia ini bisa menciptakan lapangan kerja," tegas dia.

Terdapat tiga kategori mesin pertumbuhan ekonomi yakni, prime mover (penggerak utama), accelerator (akselerator), dan snowball economy (ekonomi kini).

Menurutnya, prime mover adalah aktivitas berbasis ekonomi yang bisa menggerakan atau menumbuhan ekonomi demi menciptakan lapangan pekerjaan pada tahap awal.

"Jadi, bukan properti nih, yang disebut tuh downstreaming atau ada istilah hilirisasi. Downstreaming apa? Ya, ini manufacturer industry (industri manufaktur), kita punya sekian juta CPO ya jadi sagu, minyak," kata dia.

Sementara hilirisasi memiliki empat kriteria yakni berubah bentuk, ingredients (bahan), manfaat, dan value (nilai).

Kedua, mesin pertumbuhan ekonomi sebagai akselerator seperti industri property development (pengembangan properti) maupun infrastruktur yang bisa menggenjotnya.

Sedangkan snowball economy adalah ekonomi pada masa saat ini, termasuk trading (jual-beli), services (layanan), digital economy (ekonomi digital), dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com