Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Limapuluh-Kisaran Tuntas ULF, Siap Beroperasi Bulan Puasa

Kompas.com - 02/03/2024, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah menuntaskan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) terhadap salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni, Jalan Tol Indrapura-Kisaran II Seksi Limapuluh-Kisaran dengan panjang 32,15 kilometer, Kamis (29/2/2024) hingga Jumat (1/3/2024).

Evaluasi ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan, infrastruktur konektivitas ini terdiri dari dua seksi dengan total panjang 47,75 kilometer.

Progres pembangunan fisik Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Limapuluh-Kisaran telah rampung.

Baca juga: Rincian Tarif Baru Tol Paspro, Cek di Sini

Untuk mendukung percepatan pengoperasiannya, jalan tol ini dilakukan pemeriksaan sebelum dilalui oleh pengguna jalan.

Menurut Tjahjo, tingginya antusiasme masyarakat saat peresmian Tol Indrapura-Kisaran Seksi I Indrapura-Limapuluh (15,6 kilometer) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (7/2/2024) lalu semakin mendukung semangat perusahaan untuk dapat segera mengoperasikan kedua seksi Tol Indrapura-Kisaran.

"Semoga hasil dari pemeriksaan ini dapat segera kami terima, untuk mendukung penuh mobilitas masyarakat pada Ramadhan mendatang,” ujar Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, pengecekan fasilitas pendukung meliputi mainroad, simpang susun, intersection jalan tol dengan jalan nasional, gerbang tol, hingga Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP).

Adapun fasilitas struktur yang turut dilakukan pengecekan di antaranya underpass bridge, overpassbox culvert.

Dari segi persiapan operasional, Hutama Karya juga menyediakan mobil ambulans, derek 10 ton, derek towing, rescue, dan kendaraan patroli untuk memastikan keselamatan pengendara jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com