Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Proyek Tol Pertama di Jambi, HK Gunakan Teknologi Ini

Kompas.com - 28/02/2024, 15:10 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol Bayung-Lencir-Tempino Seksi 3.

Untuk mempercepat pembangunan tol tersebut, perseroan menerapkan digital construction seperti Electric Density Gauge (EDG) untuk mengukur kepadatan tanah lebih cepat.

Lalu, Load Scanner untuk mengontrol volume material agar lebih presisi, Building Information Modelling (BIM) untuk merencanakan, merancang, membangun maupun mengelola konstruksi dengan lebih efisien.

Kemudian, penerapan digital survei dengan Light Detection and Ranging (LiDar) dan Global Navigation Satelite System (GNSS), serta penggunaan Load Scanner untuk menghindari kesalahan dalam proses perhitungan volume material yang dipakai.

Baca juga: Tuntas Juni 2024, Ini Perkembangan Proyek Tol Pertama di Jambi

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, kehadiran jalan tol pertama di Jambi ini akan meningkatkan sektor perekonomian serta mempermudah akses dan konektivitas antar provinsi.

Selain menjadikan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih efisien dan mengurangi kemacetan di jalan nasional dari Palembang menuju Jambi, jalan tol ini juga diharapkan berpengaruh pada penurunan biaya transportasi.

"Juga membuka peluang baru dalam perdagangan, investasi serta mendorong peningkatan arus barang dan jasa," jelasnya dikutip dari rilis, Rabu (28/2/2024).

Tjahjo melanjutkan, ehadiran proyek ini selain memberikan manfaat ekonomi juga dapat mendorong pertumbuhan positif pada sektor pariwisata di Jambi.

Diketahui, provinsi ini dikenal memiliki potensi wisata alam dan budaya seperti Taman Nasional Bukit Duabelas serta situs arkeologi terluas di Asia Tenggara, yaitu Candi Muaro Jambi.

Adapun progres proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 saat ini telah mencapai 54,28 persen.

Proyek yang memiliki panjang jalan utama 15,4 kilometer serta jalan akses sepanjang 1,8 kilometer ini telah dimulai pembangunannya pada Mei 2023 dan ditargetkan selesai Juni 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com