Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Nanti, Ruas Fungsional Tol Solo-Yogya Akan Lebih Panjang

Kompas.com - 28/02/2024, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024.

Jalur fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik nantinya merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I yakni segmen Kartasura-Klaten.

Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin menyampaikan, terdapat penambahan panjang ruas jalan yang fungsional saat Lebaran 2024 jika dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Rencananya nanti minimal para pemudik dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten.

"Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Natal dan Tahun Baru kemarin. Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta lebih besar dibanding pada saat Natal dan Tahun Baru kemarin," jelasnya dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada Rabu (28/02/2024).

Baca juga: Hingga Desember, Konstruksi Tol Solo-YIA Kulonprogo Telan Rp 2,5 Triliun

Ahdal menambahkan bahwa arus lalu lintas yang akan diberlakukan yaitu satu arah dengan menggunakan satu jalur. Baik dari Solo ke Yogya maupun sebaliknya.

Sementara untuk jenis kendaraan yang boleh melewati jalur fungsional Tol Solo-Yogya ini masih sama seperti sebelumnya, yakni dibatasi hanya golongan 1 berupa kendaraan roda 4 non-bus dan non-truk.

"Jam diberlakukannya jalur fungsional ini adalah dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Kemarin sempat ada permintaan khusus dari Korlantas terkait opsi untuk dibuka 24 jam tapi hanya di interchange Kartasura saja, namun masih akan dibahas lebih lanjut saat rapat persiapan Lebaran nanti," terangnya.

Untuk diketahui, para pemudik dapat memasuki tol fungsional ini melalui beberapa akses.

Saat periode masa mudik, apabila pengendara datang dari jalur Tol Trans-Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan ke jalur fungsional ini melalui Gerbang Tol (GT) Colomadu dan langsung ke atas menuju ke exit tol Karanganom atau exit tol Klaten.

Sedangkan untuk pemudik dari jalan arteri (non-tol) yaitu yang akan masuk dari sekitaran Solo dan Boyolali, pengendara bisa masuk melalui GT Banyudono.

Begitu juga sebaliknya saat periode arus balik, pengendara dapat masuk ke jalur fungsional dari GT Karanganom atau GT Klaten untuk bisa melanjutkan ke jalur tol.

Adapun saat ini di ruas jalan tol yang akan fungsional masih ada sebagian jalan yang perkerasannya berupa lean concrete (LC).

Pihak PT Jasamarga Jogja Solo juga terus mengupayakan agar semua perkerasan jalannya berupa rigid saat ruas jalan tol ini difungsionalkan sepanjang 22 km dari Solo hingga Klaten pada masa mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Ini Trase Tol Kediri-Tulungagung yang Dibangun Gudang Garam Rp 9,92 Triliun

Lalu demi keselamatan, Ahdal mengimbau agar para pemudik dapat mematuhi aturan batas kecepatan saat melalui jalan tol fungsional.

"Sama seperti saat Nataru kemarin, kami batasi kecepatan hanya sekitar 40 km/jam supaya kendaraan lebih aman karena masih terdapat beberapa perkerasan yang belum maksimal, terutama di jembatan," pungkasnya.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo dengan total panjang 96,57 km ini terbagi menjadi tiga tahapan.

Tahap I (Kartasura-Maguwoharjo dan sebagian dari Trihanggo-Junction Sleman) 49,25 km, tahap II (Junction Sleman-Kulonprogo) 38,57 km, dan tahap III (berada di ringroad Kota Yogyakarta atau Maguwoharjo-Trihanggo) sepanjang 8.75 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com