Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Punya Asuransi Kesehatan dan Jiwa Sebelum Beli Rumah

Kompas.com - 01/03/2024, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Uang bukan satu-satunya komponen yang dibutuhkan dalam membeli rumah baru terutama dengan sistem KPR.

Menurut Head of Advisory Finansialku.com, Shierly, hal penting lainnya yang harus dipersiapkan adalah memiliki asuransi kesehatan serta asuransi jiwa.

“Sebelum membeli rumah, pastikan Anda adalah peserta aktif dari BPJS kesehatan,” ujarnya dalam Webinar Property Outlook 2024, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: 75,89 Persen Pembelian Rumah Masyarakat Pakai KPR

Dikatakan, ini bahkan sudah menjadi kebijakan dari pemerintah sejak tahun 2022, untuk memastikan pencegahan terhadap risiko kesehatan.

“Karena biaya yang besar untuk rumah tangga adalah biaya kesehatan. Apalagi kalau membeli rumah dengan KPR untuk jangka waktu panjang. Ibaratnya seperti lari maraton. Kalau gak punya proteksi risiko terhadap kesehatan, bagaimana mau produktif dan mencapai tujuan keuangan lainnya,” jelasnya.

Selain asuransi kesehatan, para pembeli rumah juga sebaiknya memikirkan untuk memiliki asuransi jiwa.

Baca juga: Beli Rumah hingga 30 Juni 2024 Bebas Pajak

Asuransi jiwa adalah proteksi untuk seluruh anggota keluarga. Andaikata yang cicil meninggal dunia, maka tidak menimbulkan risiko gagal bayar terhadap anggota keluarga yang ditinggalkannya,” papar Shierley.

Hal-hal lain yang juga perlu dipersiapkan sebelum membeli rumah antara lain dana darurat, biaya DP minimal 20 persen, hingga dana untuk investasi masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com