Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Pengembang Menyambut Berkah dari Insentif PPN DTP Rumah

Kompas.com - 24/02/2024, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Para pengembang terlihat antusias menyambut program insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) tahun 2024.

Para pengembang optimistis penjualannya akan bergairah tahun ini. Untuk itu, ada beberapa pengembang yang menangkap peluang dengan merilis produk terbaru.

Sebagai informasi, insentif PPN DTP diberikan untuk pembelian rumah dengan harga jual maksimal Rp 5 miliar. Namun, dengan dasar pengenaan PPN Rp 2 miliar.

Untuk penyerahan rumah mulai 1 Januari 2024-30 Juni 2024, diberikan insentif PPN DTP sebesar 100 persen. Sedangkan untuk penyerahan 1 Juli 2024-31 Desember 2024, diberikan insentif PPN DTP sebesar 50 persen.

Berikut beberapa pengembang yang antuasias menyambut adanya insentif PPN DTP:

Sinarmas Land

Adanya insentif PPN DTP membuat Sinarmas Land optimistis dapat mencapai target marketing sales (pra-penjualan) tahun 2024 sebesar Rp 9,5 triliun.

Hal itu disampaikan Deputy Group CEO Strategic Development & Assets Sinarmas Land, Herry Hendarta dalam konferensi pers peluncuran program "Infinite Living" di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (22/2/2024).

"Khusus sektor properti, PPN DTP itu menjadi katalisator. Kami optimis karena di tahun lalu juga, pada masa Covid-19 kita juga bisa mencapai penjualan dengan baik. Saya rasa pada masa sekarang yang kita sudah enggak Pandemi, saya rasa (penjualan) akan signifikan," jelasnya.

Baca juga: Beli Rumah Dapat Insentif PPN, Cek di Sini Ketentuan dan Syaratnya

Untuk itu, Sinarmas Land pun meluncurkan program national sales (penjualan nasional) bertajuk meluncurkan Infinite Living.

Program tersebut menawarkan subsidi down payment (uang muka) hingga 20 persen serta keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Infinite Living akan terbagi dalam tiga periode pada tahun 2024 yakni periode I dimulai 1 Maret 2024 hingga 30 Juni 2024.

Kemudian, periode II pada 1 Juli 2024–30 September 2024, dan periode terakhir pada 1 Oktober 2024–31 Desember 2024.

"Melalui program national sales ini, kami menargetkan pendapatan sebesar Rp 2,8 triliun dari penjualan kurang lebih 1.400 unit properti yang ditawarkan," tutur Herry.

Adapun proyek-proyek milik Sinarmas Land yang turut dalam program Infinite Living ini tersebar di sejumlah daerah.

Untuk di Tangerang Raya terdapat BSD City dan Taman Banjar Wijaya, Jakarta Selatan terdapat The Elements dan Southgate, serta Apartemen Aerium di Jakarta Barat.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com