Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas AHY: Daftarkan Sisa 8 Juta Bidang Tanah

Kompas.com - 22/02/2024, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni mengatakan, capaian pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) per Februari 2024 sudah mencapai 112 juta bidang tanah.

"Sekarang dalam bentuk Pendaftaran Bidang Tanah (PBT) mungkin sekitar 112 juta bidang, jadi kita coba pompa semaksimal mungkin agar mendekati 126 juta bidang," kata Raja Juli saat ditemui di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Sementara Kementerian ATR/BPN menargetkan pendaftaran tanah bisa mencapai 120 juta bidang pada tahun 2024 dan dilanjutkan hingga 126 juta bidang tanah pada tahun 2025.

Oleh karena itu, pekerjaan rumah Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam menuntaskan capaian pendaftaran tanah melalui PTSL hingga masa jabatannya berakhir hanya tersisa 8 juta bidang tanah.

"Mungkin kalau bisa sampai 120 juta berarti sisa 6 juta, tapi nanti kalau bisa 122 juta berarti tinggal 4 juta bidang lagi," lanjut Raja Juli.

Dari capaian 112 juta bidang tanah yang terdaftar, jumlah bidang tanah yang sudah tersertifikasi ada sebanyak 90 juta bidang.

Baca juga: Hari Pertama Kerja, AHY Langsung Buka Rapat Pimpinan Kementerian ATR/BPN

"Yang sertifikasi sekitar 90 juta bidang, jadi yang itu terdaftar dalam pengertian dalam bentuk peta bidang," ujar Raja Juli.

Namun demikian, Raja Juli menuturkan target sertifikasi bidang tanah pada 2024 masih digodok dan dipercepat.

"Kita coba hitung dan push semaksimal mungkin supaya beban Presiden dan Wakil Presiden selanjutnya plus Menteri di sini akan jauh lebih ringan," tuntas Raja Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com