Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Terdaftar 98,6 Persen, Tangsel Jadi Kota Lengkap Tahun 2025

Kompas.com - 15/02/2024, 08:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran tanah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah mencapai 98,6 persen atau berkisar 490.205 bidang dari estimasi jumlah bidang tanah sebanyak 497.075 bidang.

"Artinya apa, yang sudah selesai 98,6 persen, sebentar lagi seluruh wilayah Tangerang Selatan ini sudah terdaftar," kata Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto usai menyerahkan sertifikat tanah PTSL secara door to door di Gang Salem, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, pada Selasa (13/02/2024).

Dengan capaian 98,6 persen, dia berharap pendaftaran tanah di Kota Tangsel terus dipercepat sehingga dapat segera dideklarasikan sebagai Kota Lengkap.

"Kita kebut hingga 2025 sudah selesai Kota Lengkap 100 persen," imbuhnya.

Baca juga: Setelah 5 Tahun Lawan Mafia, Nirina Zubir Dapatkan Sertifikat Tanah

Tujuan dari dilakukannya percepatan pendaftaran tanah di antaranya untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah masyarakat, mengantisipasi terjadinya sengketa dan konflik pertanahan, serta menghindari praktik mafia tanah.

"Kalau sudah terdaftar semua bidang tanahnya berarti di sini tidak ada lagi cekcok antar tetangga, dan tanahnya tidak bisa dicaplok oleh mafia tanah karena semua tanah sudah terdaftar," tandasnya.

Selain itu, meningkatkan taraf ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat juga menjadi salah satu tujuan dari dilakukannya percepatan pendaftaran tanah.

Terbukti penambahan nilai ekonomi di Kota Tangsel mencapai Rp 20,05 triliun yang didapat dari PPh, BPHTB, PNBP, dan Hak Tanggungan.

"Jadi di Tangerang Selatan ini ekonominya sangat maju sekali, masyarakatnya sejahtera," tutup Menteri ATR/Kepala BPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com