Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa USU dan Telkom Wakili Indonesia di AYDA International Summit

Kompas.com - 10/02/2024, 19:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelvin dari Universitas Sumatera Utara dan Alifiah Azzahrah dari Telkom University menjadi pemenang dalam ajang AYDA Awards 2023-2024.

Keduanya berhak mewakili Indonesia di ajang AYDA International Summit 2024 di Chennai, India pada 3-5 Juli 2024.

Kelvin menjadi juara dalam kategori arsitektur dengan karya Unchain. Sementara Alifiah tampil sebagai pemenang kategori desain interior dengan judul Payabo House.

Bagi pemenang utama, AYDA memberikan apresiasi berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta, kesempatan magang.

Selain itu, juga berhak mewakili Indonesia dalam ajang AYDA International Summit 2024, memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai 10.000 dollar AS di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

Baca juga: Para Finalis Kompetisi Asia Young Designer Awards 2023-2024

Sebagai peraih gold winner kategori Arsitektur, Kelvin mengungkapkan kegembiraan dan kebanggannya membawa nama baik kampus.

"Ini adalah hasil kerja keras. Tak hanya saya sendiri namun juga bapak dan ibu dosen serta teman-teman yang telah mendukung sehingga karya kami dapat meraih penghargaan," ujar Kelvin.

Perasaan serupa juga diungkapkan Alifiah peraih gold winner kategori desain interior. Dia berharap karyanya dapat membawa manfaat bagi keberlangsungan kehidupan di bumi.

Salah satu Dewan Juri dari kategori Desain Interior Founder of Grace Hartanti Design Lab, Grace Hartanti mengapresiasi para finalis.

Menurutnya, ajang kompetisi bagi calon-calon desainer muda seperti ini tentu perlu terus didukung sehingga menjadi sebuah wadah positif dalam mengembangkan bakat-bakat luar biasa yang tersembunyi.

Terlebih lagi nantinya mereka juga akan berkesempatan untuk unjuk gigi di kancah internasional, bersaing dengan negara-negara lain di Asia.

"Saya yakin karya anak Indonesia sangat mampu bersaing secara global,” cetus Grace.

Selain AYDA, Nippon Paint sebagai pendukung acara juga membuka kompetisi Creative Colour Awards (CCA) yang diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu.

Kompetisi ini dipersembahkan untuk para praktisi arsitek dan desainer interior profesional.

Tahun ini, batas pendaftaran kompetisi masih terbuka hingga 12 April 2024. Dengan demikian masih terbuka kesempatan untuk bersaing dengan arsitek dan desainer interior dari negara lain yang juga turut serta berkompetisi dalam CCA.

Project Sales Manager Nippon Paint Indonesia Ramdhan Effendi menuturkan, antusiasme dan semangat berkompetisi para peserta yang merupakan calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia demikian tinggi.

"Hal ini membuat perusahaan semakin yakin untuk terus mengapresiasi dan mendukung penuh dalam memberikan ruang serta membuka kesempatan bagi talenta muda berbakat Indonesia dalam berkarya," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com