Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Nippon Paint dan Raffi Ahmad Gelar Kompetisi Tukang Cat Bagus, Ini Pemenangnya

Kompas.com - 20/08/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nippon Paint telah berkolaborasi dengan Raffi Ahmad untuk menggelar kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2.

Kompetisi yang diinisiasi sejak 2022 ini merupakan program pencarian tukang terbagus yang akan mendapatkan pelatihan sistem pengecatan dari Nippon Paint agar dapat meningkatkan kompetensi serta meningkatkan daya saing para pekerja di bidang konstruksi.

General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, Mark Liew mengatakan, tukang dan mandor menjadi salah satu mitra yang sampai 54 tahun telah mendukung keberadaan Nippon Paint di Indonesia.

"Maka dari itu, kompetisi Tukang Cat Bagus diselenggarakan sebagai apresiasi dari kami guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang konstruksi," ujarnya dalam rilis pers, Minggu (20/08/2023).

Baca juga: Dukung Sektor Industri Baja, Propan Rambah Pasar Cat Metal

Sementara itu, Raffi Ahmad mengaku salut dengan tingginya antusiasme para pekerja konstruksi dalam kompetisi yang digagas oleh Nippon Paint ini.

"Karena artinya program-program seperti ini memang dibutuhkan sehingga mereka dapat meningkatkan skill, kualitas yang dihasilkan, yang nantinya tentu saja diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan pendapatan mereka," katanya.

Sebagai pemilik rumah yang sering melakukan repainting dan membangun rumah, Raffi memandang bahwa tingkat kemampuan tukang atau mandor yang bertugas melakukan pengecatan pada area dinding, akan sangat memengaruhi kualitas hasil akhir rumah tersebut.

"Tak hanya itu, pengetahuan yang dimiliki tentang pemilihan produk cat dan cara tepat mengaplikasikannya dapat mengurangi risiko terjadinya permasalahan dalam pengecatan," tukasnya.

Adapun kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2 diikuti oleh 1.147 tukang dan mandor dari seluruh Indonesia.

Setelah melalui tahap submission dan beberapa tahap penjurian, terdapat enam finalis yang berhasil melaju ke babak final.

Meliputi, Iqbal Maulana dan Faulur Rozi dari Pamekasan, Madura; Sarito dan Muhammad Amin dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Yopi Yulia dari Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam; dan Rayuwanto dari Malang, Jawa Timur.

Di babak final ini, selain mengikuti pelatihan sebagai aplikator cat dengan Nippon Paint Indonesia dan mengecat seluruh Kantor HomeRans Andara, para finalis juga ditantang untuk mengecat dinding ruangan yang ada di area kediaman Raffi Ahmad yang berlokasi di Green Andara Residences, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Dulux Catylac Hadirkan Produk Cat Baru yang Punya Daya Tutup Maksimal

 

Dengan berbagai kreativitas pengaplikasian cat menggunakan Vinilex Series dari Nippon Paint, para finalis juga ditantang untuk dapat menyelesaikannya dalam waktu 25 menit.

Pada kompetisi ini, Nippon Paint melakukan penilaian berdasarkan teknik pengecatan, kecepatan, kerapihan, pemilihan kombinasi warna, hingga kreativitas pola.

Hasil dari kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2, Yopi Yulia yang berasal dari Banda Aceh, dan Rayuwanto dari Malang berhasil menjadi pemenang utama dalam. Keduanya mendapatkan apresiasi dari Nippon Paint berupa 20 gram logam mulia.

Untuk empat finalis lainnya yang menjadi juara favorit mendapatkan 5 gram logam mulia, yaitu Iqbal Maulana dan Faulur Rozi dari Pamekasan, serta Sarito dan Muhammad Amin dari Palangkaraya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com