Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Sederet Warna Cat Terburuk untuk Ruangan Sempit

Kompas.com - 05/07/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk ruangan sempit tak sekadar menggunakan warna terang agar secara visual terasa lebih luas.

Anda masih bisa lebih memaksimalkan ruangan kecil dengan memilih palet warna yang tepat, tak terpaku pada warna terang saja.

Kendati demikian, terdapat beberapa warna cat yang dianggap tak cocok untuk ruangan yang kecil. Karena bisa membuat tampilan ruangan sempit menjadi semakin buruk.

Melansir dari situs The Spruce, berikut beberapa warna cat terburuk untuk ruangan sempit sekaligus tips terbaiknya:

1. Warna Putih

Putih mungkin tampak seperti warna cat yang sempurna untuk ruangan kecil karena dapat mencerahkan sudut gelap dan memantulkan cahaya ke sekeliling.

Namun gagasan tersebut sudah kuno. Untuk memaksimalkan ruangan sempit, kini palet warna yang dapat digunakan tidak terbatas.

Baca juga: Begini Cara Tepat Memilih Warna Cat Interior Rumah

Cat putih di ruangan kecil justru bisa membuatnya terlihat kotak dan hambar. Bahkan, warna tersebut sebenarnya juga bisa menunjukkan setiap bayangan atau sudut gelap di ruangan.

Putih mungkin masih bisa menjadi pilihan yang menakjubkan untuk ruang kecil, tetapi paling cocok sebagai aksen atau warna trim.

Sebagai gantinya, cobalah warna abu-abu timah yang lembut, atau abu-abu keperakan untuk menambah keanggunan dan cahaya, dibingkai dengan aksen putih agar ruangan lebih indah.

2. Warna Netral Gelap

Sebetulnya warna netral yang tepat dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih luas karena kesederhanaannya.

Namun, tidak semua warna netral berhasil di ruangan sempit. Sebab, warna netral yang terlalu redup akan membuat ruangan terlihat semakin kecil dan gelap.

Carilah warna-warna netral hangat yang memantulkan cahaya di sekitar ruangan, dan pasangkan dengan trim dan aksen putih bersih untuk gaya terbuka serta lapang.

Trik untuk membuat ruangan berwarna cat netral terlihat lebih luas adalah dengan memilih furnitur, gorden, atau linen yang netral, agar sesuai dengan warna dinding.

3. Warna Merah

Sebagian besar warna cat merah benar-benar memberikan tampilan dan kesan buruk pada ruang kecil.

Energi dan kehangatan warna merah dapat memanaskan ruangan kecil dan bisa membuat penghuni tidak nyaman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com