Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Jalan Tol Sibanceh, SIG Pasok 236.000 Ton Semen

Kompas.com - 08/02/2024, 13:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga Januari 2024, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memasok sebanyak 236.000 ton semen, dalam pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Tol Sibanceh).

Tol Sibanceh adalah salah satu ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yang membentang sejauh 74,1 kilometer dan sekaligus jalan tol pertama di Provinsi Aceh.

Tol Sibanceh juga menjadi proyek strategis nasional, dikarenakan menjadi infrastruktur penting yang dapat membantu aksesibilitas pengguna jalan untuk sampai ke lokasi tujuan dengan waktu tempuh lebih cepat.

Baca juga: Semen Padang Perkuat Penetrasi Pasar di Bangka Belitung

Hadirnya Tol Sibanceh membuat waktu tempuh perjalanan menuju Pelabuhan Internasional Malahayati, melalui Gerbang Tol (GT) Padang Tiji-GT Baitussalam dapat dipangkas menjadi hanya 1 jam dari sebelumnya 3,5 jam. Memangkas 2 jam waktu perjalanan menembus bukit berkelok, dari semula 3 jam perjalanan.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, SIG turut bangga dapat berkontribusi dalam pembangunan Tol Sibanceh yang menghubungkan wilayah di Provinsi Aceh, untuk menciptakan daya dorong perekonomian daerah.

"Untuk memastikan kekuatan dan keandalan konstruksi Tol Sibanceh dalam jangka panjang, SIG memasok semen UltraPro yang memiliki banyak keunggulan seperti mudah diaplikasikan, waktu kering optimal, kuat lentur lebih baik dan hasil akhir dengan kekuatan maksimal," ujar Vita, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2/2024).

Adapun Tol Sibanceh terbagi dalam enam seksi ruas. Meliputi seksi 1 (Padang Tiji-Seulimum) sepanjang 24,3 kilometer, seksi 2 (Seulimum-Jantho) 7,6 kilometer, seksi 3 (Jantho-Indrapuri) 16 kilometer, seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) 13,5 kilometer, seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) 7,7 kilometer dan seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) sepanjang 5 kilometer.

Lebih lanjut Vita menegaskan, pihaknya siap terus membantu memberikan dukungan fasilitas produksi untuk pembangunan di Indonesia. Serta menjamin kelancaran distribusi produk, lantaran ditopang oleh distribusi yang mumpuni di seluruh Indonesia.

"SIG siap mendukung pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Kami menjamin kelancaran pasokan bahan bangunan, untuk menyukseskan pelaksanaan proyek dengan kualitas dan kuantitas produk yang terjaga,” tutur Vita.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com